Ingin Buka Jendela Pesawat, Penumpang Malah Buka Pintu Darurat

Ulah aneh-aneh para penumpang pesawat terbang asal Tiongkok kembali terjadi. Kali ini menimpa maskapai China Southern.

Peristiwa terjadi pada Rabu (9/3/2016), ketika sebuah pesawat milik maskapai China Southern  jurusan Chengdu-Urumqi sedang bersiap tinggal landas. Saat itulah seorang penumpang tanpa sebab jelas membuka pintu darurat di sisi kiri pesawat untuk mendapatkan udara segar.

Ingin Buka Jendela Pesawat, Penumpang Malah Buka Pintu Darurat
Kondisi pintu pesawat yang terbuka sebelum lepas landas. (Foto: Shanghaiist)

Akibatnya, penerbangan harus tertunda hingga satu jam karena para staf bandara harus menutup pintu darurat dan mencari apa yang sebenarnya terjadi.

Menurut harian Chengdu Business Daily, petugas akhirnya menemukan orang yang membuka pintu darurat itu. Saat diinterogasi, pria itu mengaku tidak bermaksud membuka pintu darurat. Dia menyangka pegangan pintu darurat adalah alat menurunkan jendela, seperti yang ada di pintu mobil.

open_plane_door2

open_plane_door3
Petugas bandara menutup pintu darurat yang dibuka tersebut. (Foto: Shanghaiist)

Apapun alasannya, perbuatan pria itu sangat berbahaya. Namun, tak diperoleh informasi soal sanksi yang dijatuhkan kepada penumpang iseng itu.

Berdasarkan data dari Badan Penerbangan Sipil China, ini bukan kali pertama penumpang pesawat di Tiongkok membuka pintu darurat di saat yang tidak seharusnya. Pada Desember 2014, seorang penumpang Xiamen Airlines penerbangan dari Hangzhou ke Chengdu juga membuka pintu darurat untuk mendapatkan udara segar. Pada Januari 2015, dua penumpang ditahan setelah membuka tiga pintu darurat sebuah pesawat di bandara Kunming.

Secara umum, terdapat 15 kasus membuka pintu darurat pesawat hanya dalam enam bulan pertama 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.