Industri Udara Cina Terus Melambung

Cina mengalami lonjakan berarti dalam bisnis penerbangan tahun lalu. Tercatat ada 487 juta perjalanan domestik dan internasional yang dilakukan pada 2016 di China, menurut data dari Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC). Jumlah perjalanan yang dilakukan itu meningkat sebesar 12% dari 2015. Lonjakan perjalanan udara sebagian besar didorong oleh orang Cina kelas menengah yang menghabiskan dana miliaran untuk liburan domestik dan asing. Dengan populasi 1,4 miliar, analis memperkirakan bahwa China akan melampaui A.S. sebagai pasar penerbangan komersial terbesar di dunia pada tahun 2030.

Boeing memperkirakan bahwa Cina akan membutuhkan dana hingga satu triliun dolar AS untuk membeli pesawat baru selama dua dekade ke depan. Jumlah itu untuk membeli lebih dari 5.100 pesawat yang seukuran C919. Pesawat C919 adalah pesawat bikinan Cina dan akan menjadi pesaing lokal bagi Boeing dan Airbus. Dengan 168 kursi, C919 diperkirakan akan berada di pasar yang sama dengan A320 Airbus dan Boeing 737-800.
Jumlah maskapai Cina yang saat ini beroperasi ada 55 perusahaan. Maskapai domestik diperkirakan menjadi pembeli utama C919. Sejauh ini, permintaan untuk jet tetap lokal: pesanan hampir seluruhnya berasal dari operator China untuk penerbangan domestik.
Jet adalah salah satu bagian terakhir dari ekosistem penerbangan yang telah berkembang selama puluhan tahun di China.

Perusahaan yang mengembangkan C919, Commercial Aircraft Corporation of China (Comac), dimiliki oleh negara. Sebagian besar maskapai domestik juga didukung oleh pemerintah. China Eastern Airlines akan menjadi operator pertama yang mengoperasikan C919 saat menyelesaikan pengujian dan mendapatkan persetujuan dari regulator penerbangan China.

China kini telah bergabung dengan delapan negara yang telah mengembangkan pesawat terbang besar: A.S., Rusia, Brazil, Kanada, Inggris, Prancis dan Jerman. Untuk pasar lokal dan internasional, C919 masih akan menghadapi ujian sertifikasi selama beberapa bulan atau bertahun-tahun, agar mampu memenuhi standar keselamatan dan mungkin akan memerlukan perubahan desain.