Pesawat Langka yang Menggoda Fotografer Penerbangan

“Trijet adalah pesawat dengan tiga mesin. Saya senang melihat dan memotret pesawat berbadan lebar seperti McDonnell Douglas DC-10, Lockheed L-1011 TriStar dan Boeing MD-11.”

Sayangnya, jenis-jenis pesawat itu semakin jarang dilihat. Dalam beberapa tahun terakhir, misalnya, DC-10, MD-11 dan TriStar telah dipensiunkan

“Satu-satunya MD-11 yang masih terbang adalah pesawat barang. Ada pesawat dengan tiga mesin berbadan sempit seperti Boeing 727 dan Tupolev TU-154, yang juga membuat saya bersemangat.”

Sim juga menganggap pesawat buatan Rusia dari dua produsen, yakni Ilyushin dan Tupolev, sebagai pesawat menarik. “Sayangnya jumlah pesawat itu terus menurun,” kata dia.

Lockheed L-1011 TriStar yang dioperasikan maskapai Gulf Air. (Foto: Wikipedia)
Lockheed L-1011 TriStar yang dioperasikan maskapai Gulf Air. (Foto: Wikipedia)

“Meski pesawat berbadan sempit buatan perusahaan non Boeng dan Airbus jarang, jenis baru seperti B787 Dreamliner dan Airbus A350XWB punya daya tarik sendiri yang membuat saya tak lagi merindukan pesawat yang kian jarang. Keduanya memiliki bentuk ramping dan di tahun-tahun mendatang, mereka juga akan muncul di banyak penerbangan yang berbeda dan saya yakin saya akan rajin mengejar ini di bandara di seluruh dunia.”

“Ketika saya melihat sesuatu dari masa mudaku, seperti Boeing 727 atau Douglas DC-10, atau bahkan sesuatu yang jauh lebih tua seperti DC-3 Dakota, saya benar-benar bersemangat,” katanya.

“Namun, melihat pesawat modern juga sangat menarik, seperti merek baru Airbus A350 atau Boeing 787 Dreamliner, yang memiliki teknologi luar biasa dan dapat melakukan perjalanan dengan jarak yang sangat jauh.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.