Inilah Cara Paling Gampang Membedakan Boeing & Airbus

Mengidentifikasi pesawat terbang dari jarak jauh adalah keterampilan yang datang karena kebiasaan dan satu-satunya cara untuk mendapatkan keterampilan itu adalah sering-sering nongkrong di sekitar bandara dan mengamati pesawat yang terbang secara teratur.

Pendapat itu diungkapkan Kok Chwee Sim, fotografer penerbangan yang berbasis di Singapura yang mulai mengamati pesawat pada awal 1970 saat dia masih anak-anak.

“Tentu saja ada bentuk keseluruhan dari pesawat yang berbeda satu dengan yang lain, namun seringkali tiap jenis pesawat terlihat sama dari kejauhan.”

Matt Falcus, pendiri airportspotting.com mengatakan membedakan pesawat bisa rumit karena banyak pesawat yang terlihat mirip, terutama yang dibuat oleh Airbus dan Boeing, dua produsen utama dalam aviasi global.

“Anda dapat mulai membedakan pesawat berdasarkan jumlah mesin yang mereka miliki, atau apakah itu adalah pesawat besar yang melakukan perjalanan jarak jauh, atau pesawat untuk jarak menengah pendek yang bepergian pada penerbangan domestik atau regional.”

Ada juga petunjuk dalam bentuk hidung, posisi ekor, bentuk sayap, jumlah pintu, roda pendaratan, posisi horizontal stabilizer di dekat ekor dan bahkan bentuk jendela kokpit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.