Tikus Berkeliaran di Kabin, Loong Air Putar Balik

    Sebuah pesawat terpaksa kembali ke bandara tempat lepas landas gara-gara tikur berkeliaran di kabin. Peristiwa itu terjadi dalam penerbangan Loong Air, Jumat (26/2/2016).

    Sebagaimana dilaporkan Xinhua, pesawat dengan nomor penerbangan GJ8823 meninggalkan Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang, Cina, pada pukul 07:07 waktu setempat dan menuju Perfektur Otonomi Xishuangbanna Dai di Provinsi Yunnan. Namun, di tengah perjalanan, tikus itu ditemukan.

    Hewan pengerat itu bukan peliharaan penumpang dan tak diketahui bagaimana tikus itu bisa masuk kabin. Kemungkinan tikur masuk pesawat lewat van pengangkut makanan yang disajikan di kabin atau dari barang bawaan.

    Tikus sangat berbahaya bagi penerbangan karena hewan itu punya kemampuan mengunyah kabel listrik. Jika kabel listrik digigit tikus hingga rusak, sistem eletrik pesawat akan terganggu. Akibatnya, pilot bisa kehilangan kendali atas penerbangan.

    Loong Air mengatakan setelah pesawat kembali ke Bandara Hangzhou, awak kabin diberi obat antikuman. Sementara, tikur itu dilumpuhkan dengan jebakan lem yang membuatnya lengket di papan. Loong Air adalah maskapai berbiaya rendah yang melayani lebih dari 50 rute domestik di Cina.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.