Inilah 10 Bandara di Dunia Yang Paling Sering Delay, (Maaf) Soekarno-Hatta Paling Parah

5 Maskapai Kena Dampak Pembatasan Pergerakan Pesawat di Soetta

Sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan penyimpanan bagasi Stasher mengungkapkan bahwa Bandara Soekarno-Hatta Jakarta mengalami penundaan paling parah di dunia. Penelitian dilakukan antara Juni 2018 dan Mei 2019. Reuters

“Bandara Soekarno-Hatta Jakarta mengalami penundaan penerbangan paling banyak di dunia selama 12 bulan terakhir,” demikian penelitian yang diterbitkan oleh perusahaan penyimpanan bagasi Stasher, Rabu 31 Juli 2019.

Penelitian ini memberi peringkat 106 bandara internasional yang ada di seluruh dunia dengan delapan faktor, termasuk kemungkinan penundaan penerbangan, jumlah toko dan lounge, jarak ke pusat kota, dan biaya parkir, kemudian standar data untuk mendapatkan skor antara nol dan 10 untuk setiap faktor.

Bandara dengan skor terbaik secara keseluruhan adalah Bandara Internasional Sheremetyevo Alexander S. Pushkin Rusia, yang mencetak poin 10 sempurna untuk keterlambatan penerbangan dan parkir terjangkau, sedangkan bandara terburuk pada peringkat keseluruhan adalah Bandara Tenerife South Spanyol.

Sementara itu, Bandara Changi Singapura berada di tempat ke-13 dengan mendapat nilai buruk untuk biaya parkir, sementara Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia ada di tempat ke-27 dengan masalah jarangnya toko.

Dalam hal keterlambatan penerbangan, Stasher sebagaimana dilaporkan Business Insider Jumat 2 Agustus 2019 mengambil data dari situs web pelacakan penerbangan Flight Stats antara Juni 2018 dan Mei 2019 dan menghitung persentase penerbangan yang tertunda lebih dari 15 menit di setiap bandara.

Menurut Stasher, Bandara Soekarno-Hatta Jakarta memiliki penundaan paling besar, diikuti oleh Bandara London Stanstead dan Bandara Ninoy Aquino Filipina di Manila.

Perusahaan mengatakan bahwa infrastruktur Asia Tenggara sedang berjuang untuk mengikuti peningkatan jumlah wisatawan, dan penerbangan di wilayah tersebut sering dipengaruhi oleh kondisi cuaca, terutama selama musim hujan.

Ia menambahkan bahwa Bandara Stanstead telah berinvestasi secara signifikan dalam meningkatkan ketepatan waktu penerbangannya.

Bandara-bandara dalam peringkat paling tepat waktu adalah Bandara Brussels dan Bandara Lisbon Portela.

Yang berada di urutan 10 terbawah adalah Bandara Tan Son Nhat (Vietnam), Bandara Charles de Gaulle (Prancis), Bandara Kairo (Mesir), Bandara Frankfurt (Jerman) dan Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat (Spanyol).

Adapun bandara yang paling tepat waktu, Bandara Sheremetyevo Rusia berada di puncak, dengan hanya 6 persen dari penerbangannya tertunda selama lebih dari 15 menit. Kemudian diikuti oleh Bandara Tenerife North Spanyol dan bandara Tokyo Haneda dan Kansai International di Jepang. Melengkapi lima besar adalah Bandara Mariscal Sucre Eucador.

Dalam hal ketepatan waktu, Bandara Changi berada di peringkat ke-49, sedangkan Bandara Internasional Kuala Lumpur berada di peringkat ke-67

Facebook Comments