Jangan Langsung Komplain Selisih Harga Tiket Sebelum Perjalanan Selesai

Jangan Langsung Komplain Selisih Harga Tiket Sebelum Perjalanan Selesai

Ketika maskapai penerbangan mengecewakan atau membuat Anda merasa sebal, reaksi pertama barangkali Anda bakal cepat-cepat mengajukan keluhan kepada manajemen maskapai bersangkutan.

Lebih cepat lebih baik barangkali. Namun pakar traveling mengingatkan agar Anda tak buru-buru mengajukan komplain. Tunggulah hingga seluruh perjalanan selesai sebelum membuat perhitungan dengan maskapai.

Salah seorang ayah dari penumpang yang berselisih harga tiket dengan maskapai penerbangan, menulis kepada Conde Nast Traveler, meminta saran setelah mengalami tindakan tak menyenangkan dari maskapai penerbangan asal Italia, Alitalia.

Jonathan Z, nama pria itu, mengatakan, putrinya telah memesan tiket dalam penerbangan maskapai Italia untuk rute New York ke Roma, dengan jadwal penerbangan kembali ke AS dari Florence.

Setelah memesan tiket, ternyata harga tiket turun. Dia lalu menghubungi Alitalia untuk meminta pengembalian selisih harga. Tidak mendapat respons menyenangkan, perempuan itu lalu menghubungi American Express dan meminta pengembalian adanya perbedaan tarif. Saat itulah Alitalia merespons dengan membatalkan tiket kepulangan si wanita itu. Alitalia mengatakan bahwa jika dia ingin kembali ke New York, ia harus memesan tiket lagi.

Conde Nast kemudian menghubungi Alitalia dan memahami bahwa memang ada kecenderungan maskapai melakukan hal ini kepada penumpangnya untuk menghindari pengembalian uang.

“Satu hal yang layak Anda pelajari dari pengalaman perempuan itu adalah, jika Anda mengajukan sengketa tiket yang Anda bayar melalui kartu kredit sebelum Anda terbang, maskapai akan menangguhkan secara otomatis tiket yang dipesan untuk menghindari pengembalian uang. “Tak peduli apakah sengketanya hanya sebagian atau keseluruhan dari harga tiket,” tulis Conde Nast, belum lama ini.

Dalam kasus ini, Alitalia akhirnya mengalah dan mengembalikan uang yang telah dibayar untuk penerbangan pulang yang tidak dipakai si perempuan itu.

Jadi, jika Anda menemukan situasi sama, jangan lekas-lekas komplain soal pengembalian uang. Tunggulah sampai penerbangan kembali dan sampai rumah, baru kemudian mempersoalkan selisih harga.

Terlebih, perusahaan kartu kredit biasanya mengizinkan pelanggannya untuk membantah transaksi hingga 60 atau 120 hari sejak transaksi itu dilakukan. Kecuali jika Anda telah membayar tiket itu beberapa bulan sebelum jadwal penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.