TODAY HISTORY: Electra, Karya Lockheed Penjiplak Boeing 247 Kali Pertama Diuji Terbang

Electra, Karya Lockheed Penjiplak Boeing 247 Kali Pertama Diuji Terbang
Prototype Lockheed Model 10 Electra, NX233Y, saat uji terbang di California Selatan, 1934. (Lockheed Martin)

Hari ini beberapa tahun lalu, terdapat sejumlah peristiwa bersejarah dalam dunia penerbangan yang layak dicatat. Berikut rekaman sejarah aviasi yang dihimpun flightzona khusus untuk Anda.

23 Februari

1909

Silverdart_3

John A. McCurdy menerbangkan biplane Silver Dart milik Aerial Experimental Association setinggi 40 kaki melintasi danau beku Bras d’Or di Baddeck Bay, Kanada. Menjadi penerbangan pertama mesin yang lebih berat dari udara pertama di Canada.

1921

Sebuah tim pilot selesai melakukan penerbangan email eksperimental dari pantai-ke-pantai; terbang siang dan malam. Mereka berhasil menghubungkan San Francisco dan Long Island dalam satu setengah hari terbang.

1934

Pilot tester Marshall E. Headle, Chief Pilot perusahaan pesawat Lockheed, menerbangkan prototipe Lockheed Model 10 Electra, c / n 1001. Pesawat itu lepas landas dari United Airport, Burbank, California, bandara yang belakangan menjadi Terminal United Air dan kini menjadi Bandara Bob Hope, BUR.

Electra, Karya Lockheed Penjiplak Boeing 247 Kali Pertama Diuji Terbang
Prototype Lockheed Model 10 Electra, NX233Y, saat uji terbang di California Selatan, 1934. (Lockheed Martin)

Lockheed Model 10 Electra didesain untuk penerbangan komersial mengangkut 10 penumpang, dan menjadi bentuk kontemporer Boeing Model 247 yang keluar terlebih dahulu.

Pesawat ini merupakan pesawat karya Lockheed pertama yang menggunakan bahan all-metal. Dibenami dua mesinm sayap rendah dan landing gear yang dapat ditarik.

Insinyur muda Clarence L. (“Kelly”) Johnson, seorang asisten aerodinamis di University of Michigan, mengenalkan model desain wind tunnel yang merekomendasikan perubahan konfigurasi, seperti penggunaan dua sirip vertikal yang dipasang di ujung stabilizer horizontal.

Desain usulannya itu menjadi desain baku pesawat-pesawat produksi Lockheed pada era 1950-an, termasuk Model 18 Lodestar/PV-1 Ventura, P-38 Lightning fighter dan L-1649 Starliner, yang diproduksi hingga 1958. Johnson belakangan menjadi pemimpin Lockheed’s “Skunk Works.”

 Electra, Karya Lockheed Penjiplak Boeing 247 Kali Pertama Diuji Terbang
Clarence L. “Kelly” Johnson melakukan pengujian wind tunnel Model 10 di University of Michigan.

Tes Prototipe Electra itu dilakukan demi mendapatkan sertifikasi layak terbang. Selama tes dengan beban penuh di Mines Field (sekarang, LAX) terjadi kerusakan pada landing gear Electra ini. Babe Headle terbang kembali ke Burbank dan melakukan pendaratan satu-roda. Pesawat rusak tapi dengan cepat diperbaiki.

Setelah pengujian komplet, Electra pertama dikirimkan ke Northwest Airlines, Inc, di St Paul, Minnesota. Pendaftaran eksperimental berubah menjadi pendaftaran standar, NC233Y, dan didapuk jadi armada Northwest nomor 60.

Electra, Karya Lockheed Penjiplak Boeing 247 Kali Pertama Diuji Terbang
Lockheed Model 10 Electra NC233Y di St. Paul, Minnesota, 1934. (San Diego Air and Space Museum Archive)

Seperti halnya Boeing 247, Electra awalnya diproduksi dengan kaca depan-miring, dengan bagian atap kokpit justru menjorok ke depan untuk mencegah refleksi cahaya pada instrumen selama penerbangan malam. Tapi hal ini mengakibatkan refleksi cahaya dari darat. Lantaran itu, kaca depan sempat diubah menjadi standar, dan pada produksi kelima diubah miring ke belakang.

Lockheed-Model-10-Electra-NC233Y-Northwest-Airlines-fleet-number-60-prototype-before-modification-2-SDASM
Prototype Lockheed Model 10 Electra, NC233Y, setelah dikirimkan ke Northwest Airways, St. Paul, Minnesota, AS. Lihat kaca depan kokpit yang bagian atasnya menjorok ke depan.(San Diego Air and Space Museum Archive)

 

Pengin tahu berapa banyak konfigurasi dari pesawat model 10 yang dibikin Lockheed?
Jumlahnya bukan hitungan jari, tapi 147 macam konfigurasi. Produksi pertama adalah varian Model 10A. Panjang 11,76 meter, panjang bentang sayap 16,764, dan tinggi 3,073 meter. Pesawat model pertama ini memiliki berat kosong 2.927 kg dan berat kotor hingga 4.763 kg. Model pertama ini disokong daya dua two mesin air-cooled, supercharged 16.17 liter Pratt and Whitney R-985-SB Wasp 9-silinder adial. Punya daya 450 dk pada RPM 2.300 untuk lepas landas.

Pesawat ini didorong dengan 2-bilah variabel pitch propeller, memiliki kecepatan jelajah 306 kilometer per jam dan kecepatan maksimum 325 kilometer per jam. Mampu terbang hingga ketinggian maksimal 19.400 kaki (5,913 km) dan jarak jangkauan hingga 1.147 kilometer.

Paul Mantz, Amelia Earhart dan Chief Pilot Lockheed, Marshall E. Headle, bersama Model 10E Electra Special. (Courtesy of Neil Corbett, Flight Test Engineers)
Paul Mantz, Amelia Earhart dan Chief Pilot Lockheed, Marshall E. Headle, berfoto di depan pesawat Model 10E Electra Special. (Courtesy of Neil Corbett, Flight Test Engineers)

Jika Anda pernah menonton film klasik tahun 1942-an Casablanca, Electra ini adalah si Lisbon plane. Film ini dibintangi Humphrey Bogart, Ingrid Bergman, Paul Henreid dan Claude Rains.

Tapi barangkali paling populer dari Lockheed Electra adalah model 10E Special, NR16020, yang diciptakan khusus bagi Amelia Earhart untuk memecahkan rekor terbang keliling dunia pada1937.

Amelia Earhart bersama Lockheed Electra 10E, NR16020, di Burbank, 1937.
Amelia Earhart bersama Lockheed Electra 10E, NR16020, di Burbank, 1937.

Prototype Lockheed Model 10 yang diujicoba Marshall E. Headle akhirnya diproduksi dan mendapat sejumlah nomor registrasi di AS dengan nomor NC2332, NC17380, dan pendaftaran Kanada CF-BRG. Pesawat ini digunakan oleh Royal Canadian Air Force dengan nomor seri 7652. Salah satu dari 15 Lockheed Electra yang digunakan RCAF selama Perang Dunia II, terbakar di RCAF Station Mountain View, Prince Edward County, Ontario, Kanada, pada 14 Oktober 1941.

Baca Juga:

TODAY HISTORY: Boeing 247 Buka Era Baru Desain All-metal Monoplane

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.