Fakta yang Perlu Anda Tahu tentang Terbang, Termasuk Bau Kentut…

Fakta tentang Terbang Termasuk Bau Kentut
Fakta tentang Terbang Termasuk Bau Kentut

Banyak hal terjadi ketika Anda berada di dalam pesawat terbang. Inilah beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang… Terbang, sebagaimana dilansir BBC.

Tidak Bugil
Pemindai tubuh (scanners) di bandara tak lagi memperlihatkan tubuh Anda secara telanjang kepada petugas keamanan. Pemindai telah dimodifikasi menyusul serangkaian protes.

Modifikasi Hanggar
Airbus A380 dapat mengangkut 853 penumpang. A380 sangat besar sehingga hanggar di Bandara Heathrow harus dimodifikasi harus dimodifikasi agar bisa memuat pesawat jumbo tersebut.

Terbang Vertikal, Keren Kan?
Pesawat sebenarnya bisa lepas landas secara vertikal jika diperlukan berkat besarnya cadangan mesin. Namun, lepas landas secara vertikal tidak dilakukan di penerbangan komersial, padahal cukup keren jika pilot mau melakukannya.

Tak Masalah Turbulensi
Selama pengujian, sayap pesawat bisa ditekuk hingga 90 derajat. Jadi sebenarnya sedikit turbulensi tidak terlalu menimbulkan persoalan.

Membatasi Perilaku
Beberapa desainer bandara ingin Anda tidak berperilaku “liar” dengan cara mendesain ulang kursi. Bahkan, kursi di bandara sengaja dirancang membatasi keinginan Anda untuk berbelanja atau makan.

Silakan Menambah Garam
Indera perasa kita pada lidah berubah saat terbang. Maskapai harus menambah garam, lebih banyak ketimbang garam yang ditaburkan pada makanan yang disajikan di darat, karena tekanan udara membuat lidah kita sulit membedakan rasa.

Kentut Saja
Anda pasti tidak menduganya; kita lebih sering kentut di dalam pesawat daripada di tempat lain di dunia, dan sebenarnya Anda tak perlu risau. Banyaknya penumpang yang kentut membuat desainer pesawat terbang menambah penyaring arang untuk menghentikan bau amoniak menyebar dan membuat penumpang muntah.

Adaptasi
Cara terbaik untuk mengurangi jetlag adalah dengan mempersiapkan diri dengan menyesuaikan peerubahan zona waktu yang akan Anda tuju sebelum terbang.

Tak Perlu Takut
Meskipun kecelakaan pesawat terlihat banyak, mulai dari kesalahan mesin, awak pesawat, hingga kesalahan orang-orang di darat yang sengaja mengincar pesawat terbang komersial, statistik menunjukkan penerbangan sekarang jauh lebih aman ketimbang beberapa tahun sebelumnya.

Jadi…, selamat terbang dengan aman, dan jangan takut jika ingin kentut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.