Boeing dan Airbus Bantu China Kuasai Dirgantara

Pemimpin politik China menjadikan kedirgantaraan sebagai salah satu dari 10 industri kunci dalam upaya negara itu untuk menjadi negara industri maju. Menjelang sesi legislatif tahunan akhir pekan ini, pembuat pesawat Barat yang juga pesaing masa depan mereka datang membantu mereka ke arah tujuan itu.

Airbus Group SE akan ground breaking pembangunan finishing center pesawat jet berbadan lebar A330 di Tianjin, dekat Beijing pada Rabu (2/03/2016), satu dekade setelah dibuka fasilitas perakitan di pesawat lorong tunggal di tempat yang sama.

Boeing Co, raksasa dirgantara lain yang berbasis di Chicago juga mencari lokasi di China untuk fasilitas plane-completion. Hal ini menjadikan China akan menjadi basis perusahaan kedirgantaraan terbesar di dunia dalam dua dekade mendatang.

Salah satu faktor dipilihnya China adalah kedekatan dengan pelanggan. Maskapai penerbangan China memesan miliaran dolar dari pesawat dari Airbus dan Boeing setiap tahun, dan melakukan beberapa perakitan lokal. Dan tentu saja juga didorong oleh niat politik negara tersebut yang membuka pintu buat Aibus dan Boeing.

“Ini benar-benar tak terbantahkan sudah ada komunikasi antara harapan China dengan perusahaan untuk membangun di China, untuk menyediakan lapangan kerja di China,” kata Scott Harold, Direktur Asosiasi Rand Corp’s Center for Asia Pacific Policy yang berbasis di Washington. “Jika Anda membangun di China, Anda seorang ‘teman’ dari China.”

Kedirgantaraan adalah salah satu dari 10 sektor yang disorot dalam “Made in China 2025” cetak biru dirilis pada pertemuan Kongres Rakyat Nasional tahun lalu. China juga telah mendorong pembuat pesawat asing untuk memperluas jejak lokal mereka: Airbus dan Boeing dalam usaha patungan dengan unit milik negara Aviation Industry Corp of China, atau AVIC, untuk memasok suku cadang pesawat.

Airbus mengatakan kolaborasi dan usaha patungan dengan mitra China senilai hampir US$ 500 juta pada tahun lalu, dan Chief Executive Officer Fabrice Bregier sering menekankan pentingnya membangun perusahaan di pasar China. Seorang juru bicara Airbus yang berbasis Toulouse mengatakan tidak ada yang tersedia untuk komentar menjelang terobosan Rabu besok.

Sementara Boeing mengatakan telah berkontribusi US$ 1 miliar per tahun melalui kegiatan di China, termasuk pengadaan pasokan, pendapatan joint-venture, operasi, pelatihan serta penelitian dan pengembangan investasi.

“Boeing dan China memiliki kemitraan jangka panjang, dan kami akan terus memperluas dan memperdalam hubungan ini,” kata Wang Yukui, juru bicara Boeing yang berbasis di Beijing saat dihubungi Bloomberg melalui telepon, Senin (29/02/2016).

Industri kedirgantaraan dalam negeri China sejauh ini masih kecil tetapi mereka memiliki ambisi besar untuk bisa menjadi pemain utama. Dipimpin perusahaan milik negara Commercial Aircraft Corp of China, atau Comac, negara ini bekerja pada pengembangan pesawat sendiri untuk menantang kontrol Airbus dan Boeing di pasar pesawat besar. Pemerintah juga terus berupaya untuk membangun mesin jet sendiri. “Mungkin dalam 20 tahun ke depan Comac akan muncul sebagai penantang kredibel untuk Airbus dan Boeing jika terus mengembangkan produk baru,” kata Olga Razzhivina, pendiri Oriel, sebuah konsultan pesawat yang berbasis di London.

Pesawat China masih jauh dari kelayakan komersial. Comac pertama menyampaikan jet regional ARJ-21 untuk pelanggan Chengdu Airlines Co akhir tahun lalu tapi tidak ada tanggal yang ditetapkan untuk penerbangan komersial pertama. Yang menempatkan pesawat sekitar 10 tahun di belakang jadwal semula.

Uji terbang pertama untuk pesawat berbadan sempit C919 Comac yang proyeknya dimulai pada tahun 2008, juga telah tertunda dan sekarang diharapkan akan terbang tahun ini. Federal Aviation Administration AS bekerja sama dengan mitranya dari China sedang bekerja untuk sertifikasi model masa depan ARJ-21 dan mungkin C919, yang akan memungkinkan pesawat untuk diterbangkan di AS dan Eropa.

Sementara itu, perusahaan asing membantu China membangun sebuah kedirgantaraan logistik rantai pasokan. Airbus mengatakan tahun lalu akan mendukung pengembangan dan produksi AVIC ini peralatan kabin, termasuk kursi pesawat.
Honeywell International Inc, yang memasok sistem kontrol penerbangan, roda, rem, unit daya tambahan dan sistem navigasi dengan C919, juga bekerja sama dengan Comac untuk menyatakan pesawat tersebut.

Sebagai imbalan pembangunan pabrik pusat di China ini Boeing dan Airbus akan menerima banyak pesanan pesawat baru termasuk , kesepakatan dengan Air China Ltd untuk 12 A330-300 senilai $ 2,9 miliar. Tahun lalu, maskapai penerbangan China dan perusahaan leasing mengumumkan pesanan untuk sekitar 780 pesawat senilai sekitar $ 102 miliar. Air China, Spring Airlines Co dan operator China lainnya akan membutuhkan sekitar 6.330 pesawat baru senilai US$950 miliar dalam dua dekade berikutnya, sekitar 17 persen dari total global, menurut Boeing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.