10 Pesawat Kargo Militer Terbesar di Dunia

Pesawat-pesawat besar ini membawa personel, peralatan militer, pasokan dan sebagainya dari satu titik ke titik lain. Jet tempur, bomber, tidak akan pernah bisa terbang jika tidak ada pasokan dan personel yang harus dibawa ke wilayah operasi. Dan ini adalah tugas dari pesawat kargo.

Ada banyak pesawat kargo di dunia, dan beberapa di antaranya sangat besar dan terkenal. Kita akan mencoba melihat 10 pesawat kargo terbesar di dunia. Peringkat didasarkan pada spesifikasi, data dan perbandingan teknis yang tersedia.  Faktor utamanya adalah ukuran pesawat dan kapasitas muatannya.

Daftar ini tidak berisi pesawat yang saat ini sedang dikembangkan pada tahap prototipe atau hanya pesawat kargo yang operasional. Dan inilah 10 pesawat kargo militer terbesar di dunia adalah:

1. Antonov An-124 (Rusia)

Antonov An-124 Ruslan oleh NATO disebut dengan Condor yang merupakan legenda raksasa. Saat ini An-124 adalah pesawat militer terbesar di dunia dan hanya ada satu pesawat yang melebihinya yakni An-225. Tetapi pesawat ini tidak digunakan untuk militer.

Pengembangan pesawat kargo berat jarak jauh ini dimulai pada tahun 1971. Pesawat melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1982 dan mulai beroperasi dengan Angkatan Udara Soviet pada tahun 1987.

Sejak diperkenalkan An-124 telah menetapkan sejumlah rekor dunia. Sebanyak 54 pesawat Antonov An-124 Ruslan dikirim pada tahun 1995 dan lebih dari 40 yang masih terbang. Sebagian besar pesawat ini digunakan secara komersial dan hanya sejumlah kecil yang ditugaskan langsung ke armada transportasi udara angkatan udara Rusia.

Namun ada ketentuan pesawat yang terdaftar sipil akan dipanggil ke dinas militer jika diperlukan. Rusia tetap satu-satunya negara yang mengoperasikan Ruslan.

Pesawat ini memiliki kapasitas muatan maksimal 150 ton dan dapat membawa hampir semua jenis muatan, termasuk hampir semua kendaraan tempur lapis baja Rusia, helikopter, dan muatan besar lainnya.

 2. Lockheed Martin C-5M Super Galaxy (Amerika)

Lockheed Martin C-5M Super Galaxy adalah pekerja keras dalam hal angkutan udara strategis Amerika. Galaxy menjadi pesawat terbesar yang diterbangkan Angkatan Udara Amerika.

Pesawat C-5 Galaxy pertama kali dioperasikan pada tahun 1969. Sebanyak 131 pesawat seri C-5 dikirim sampai tahun 1989. Sekitar 125 di antaranya masih beroperasi. C-5M adalah versi upgrade terbaru yang lebih cepat, memiliki jangkauan lebih jauh dan bisa membawa muatan lebih banyak. Amerika Serikat memerintahkan total 52 C-5M yang dikonversi dari pesawat terbang seri C-5 yang lebih tua.

Super Galaxy memiliki interior yang luas dengan kemampuan roll-on / roll-off. Kargo bisa diakses dari depan maupun belakang pesawat. Raksasa ini memiliki kapasitas muatan maksimal 130 t. Dapat membawa dua tank tempur utama M1A2 Abrams, atau 7-10 kendaraan lapis baja 8×8 (Stryker atau LAV-25), atau 16 Humvee.

Pesawat angkut ini dioperasikan oleh Komando Mobilitas Udara Amerika, Komando Cadangan Angkatan Udara, unit Garda Udara Nasional. Setidaknya dua pesawat ditugaskan ke Komando Operasi Khusus Angkatan Udara dan memenuhi peran pasukan khusus. Super Galaxy direncanakan akan beroperasi hingga 2030.

NEXT
Facebook Comments