Angkatan Udara India Akuisi 83 Jet Tempur Tejas Seharga Rp74 Triliun

Angkatan Udara India (IAF) dilaporkan telah menyelesaikan akuisisi 83 jet tempur Tejas Mark-1A. Kesepakatan dengan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) juga mencakup pemeliharaan dan infrastruktur.

The Times of India melaporkan awalnya, HAL mengutip nilai kontrak sebesar hampir Rs565bn (sekitar Rp108 triliun) tetapi sekarang telah turun Rs390bn (sekitar Rp74 triliun).

Jet tempur Mark-1A diharapkan dikirim tiga tahun setelah perjanjian ditandatangani. Berdasarkan kesepakatan itu, jet Mark-1A akan menampilkan 43 peningkatan.

Beberapa perangkat tambahan termasuk active electronically scanned array (AESA), rudal udara ke udara luar jangkauan visual, pengisian bahan bakar di udara dan peperangan elektronik canggih.

“Dengan harga kontrak sekarang diselesaikan di Rs390bn, file pengadaan sedang dikirim ke Komite Kabinet Keamanan untuk anggukan terakhir,” kata sebuah sumber dikutip oleh Times of India.  “Setelah kontrak ditandatangani, HAL akan memulai pengiriman jet Mark-1A dalam tiga tahun.”

Proposal pengadaan  83 Tejas pertama kali disetujui pada November 2016 oleh Dewan Akuisisi Pertahanan. Pada 2017, IAF mengeluarkan permintaan untuk proposal pengadaan ke HAL.

Sumber lain dikutip mengatakan: “Pengujian penerbangan untuk Tejas Mark-1A diharapkan akan selesai pada tahun 2022. Setelah 123 jet tempur ini, IAF juga mencari 170 Tejas Mark-2 dengan mesin yang lebih kuat dan avionik canggih. ”

Pada Februari tahun lalu, pesawat tempur ringan India diberikan izin operasional akhir Centre for Military Airworthiness and Certification (CEMILAC).