Fairchild 91, Pesawat Unik dengan Nasib Misterius

Pesawat dengan bentuk yang unik ini memiliki kisah yang cukup misterius terutama di akhir ceritanya. Pesawat amfibi ini menggunakan dengan satu mesin baling-baling yang diletakkan di atas badan pesawat.

Ini adalah Fairchild 91, juga dikenal sebagai A-942. Pesawat bermesin tunggal dengan kemampuan membawa delapan penumpang bermesin tunggal. Pesawat dikembangkan di Amerika pada pertengahan 1930-an.

Satu prototipe dibangun dengan nomor NC14743. Pan American memesan enam pesawat yang disebut “Baby Clippers” ini, tetapi hanya menerima dua unit, yang diterbangkan di wilayah Amazon.  Mereka terdaftar sebagai NC14744 dan NC15952, yang kemudian menjadi PP-PAP dan PP-PAT.

Fairchild menyelesaikan satu badan pesawat lagi yang ditunjuk sebagai A-942-A. Satu-satunya A-942-B versi “Jungle Clipper” yang ditenagai Wright Cyclone, terdaftar sebagai NR777 “Kono”, secara khusus dibangun untuk American Museum of Natural History.  Pesawat ini digunakan oleh naturalis Richard Archbold pada ekspedisi keduanya ke Papua Nugini pada 1936-1937.

Prototipe dijual ke Angkatan Udara Republik Spanyol, tetapi ditangkap oleh Nasionalis Spanyol. Mereka menerbangkan pesawat, serial “63-1” dan menamai “Virgen de Camorro”, terutama dari Cadiz hingga 1938.

Salah satu A-942 milik pribadi dibeli dengan pengumpulan dana publik untuk mendukung Angkatan Udara Inggris.  Pesawat ini untuk digunakan menyeberangi melalui Selat serta untuk menyelamatkan pilot Spitfire yang jatuh.

Dua A-942 diketahui telah pergi ke Angkatan Udara Kekaisaran Jepang, untuk digunakan sebagai testbed, tetapi tidak diketahui apakah keduanya adalah eks pesawat Pan American atau pesawat tambahan yang dibuat. Jadi produksi Fairchild tetap menjadi misteri.