Melihat 10 Jet Tempur Termahal di Dunia

F-22

Kekuatan utama dalam konflik militer modern adalah pesawat tempur.  Hal ini menjadikan pengembangan jet tempur juga terus bergerak sangat cepat. Sejumlah teknologi baru dibenamkan ke pesawat dengan dua tujuan utama. Pertama bisa membunuh dan menghancurkan lawan. Kedua bisa bertahan dari serangan musuh.

Pembangunan jet tempur yang semakin canggih tentu saja berbanding lurus dengan harga. Hal ini menjadikan harga jet tempur semakin tinggi dan tidak semua negara bisa memilikinya.

Kita akan melihat 10 pesawat tempur termahal di dunia  yang ada sekarang ini. Daftar ini mencakup pesawat tempur superioritas udara, pencegat dan pesawat serang.  Harga-harga ini juga untuk konfigurasi dasar dan belum termasuk senjata

10. MiG-35

MiG-35 Rusia dianggap sebagai penghubung antara pesawat tempur generasi keempat dan kelima. Secara struktural, kendaraan tempur ini dianggap sebagai model yang ditingkatkan dari MiG-29 yang legendaris. Harga satu unit MiG-35 adalah US$ 55 juta atau sekitar Rp808 miliar.

9. Su-30 MKI.

Su-30MKI (Flanker-H) adalah pesawat tempur multirole dua kursi yang beroperasi dengan Angkatan Udara India  dan dibangun oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India di bawah lisensi. Su-30MKI memiliki fitur avionik non Rusia dan komponennya dipasok oleh 14 perusahaan dari enam negara.

Su-30MKI dapat membawa serangkaian rudal udara ke udara dan udara ke permukaan termasuk rudal jelajah supersonik Brahmos.  Petarung ini seharga sekitar US$ 63 juta atau sekitar Rp926 miliar.

9. F/A-18 E / F Super Hornet

F / A-18E / F Super Hornet adalah sebuah jet tempur yang telah terbukti di medan tempur. Pesawat menawarkan kemampuan multi peran  dan merupakan pengembangan besar dari F / A-18C / D Hornet. Super Hornet beroperasi dengan Angkatan Laut Amerika dan Angkatan Udara Australia.

Terus apa lagi? Lebih lengkap simak video berikut: