Mari Lihat Fakta-Fakta Menarik Air Force One

Air Froce One menjadi pesawat penumpang paling canggih, aman dan juga salah satu yang termahal di dunia.

Pesawat ini dibangun untuk secara khusus membawa  membawa presiden Amerika Serikat dan para stafnya pergi ke seluruuh penjuru dunia.

Pesawat ini tidak sekadar mampu membawa penumpang dengan penerbangan jarak jauh, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tidak akan pernah ada di pesawat lain.

Air Force One dikenal sebagai Gedung Putih Terbang yang artinya dari kabin pesawat ini, presiden Amerika Serikat bisa menjalankan tugasnya, termasuk memimpin perang nuklir.

Ada banyak fakta menarik tentang  Air Force One dan berikut beberapa di antaranya:

1. Biaya Pembuatannya Lebih dari US$660 Miliar

Pesawat yang dibangun dari jumbo jet Boeing ini  memerlukan biaya yang luar biasa besarnya, yaitu setara dengan Rp 8,7 triliun, itupun hanya untuk produksi awalnya saja.

2. Bisa Digunakan Sebagai Pusat Komando

Jika kejadian seperti 9/11 terjadi lagi, dan andaikata keadaan di gedung putih sudha tidak lagi kondusif, Air Force One bisa digunakan presiden sebagai pusat komando berjalan.

3. Bisa Membawa Hampir 100 orang

Hanya 26 kru pesawat dan 70 penumpang yang bisa menaiki Air Force One agar semua mendapatkan tempat duduk, jika di total, 96 orang bisa di tampung oleh pesawat ini.

4. Bertahan dari Ledakan Nuklir

Badan pesawat dirancang untuk menahan ledakan nuklir dari darat, sehingga menjadikan Air Force One tempat perlindungan yang melayang, dari ledakan bom nuklir.

5 . Didampingi Pesawat Kiamat

Air Force One seringkali didampingi oleh pesawat E-4B yang dikenal sebagai  “Doomsday Plane,” atau pesawat kiamat. Hal ini bertujuan jika sewaktu-waktu terjadi perang nuklir, atau hal yang berpotensi membahayakan lainnya, maka presiden bisa pindah ke pesawat ini.

Pesawat yang didasarkan pada Boeing 747 ini bisa terbang berhari-hari di angkasa, dan mempunyai kecepatan yang didesain untuk terbang lebih cepat dari radius ledakan nuklir.

6. Lalu Lintas Udara tidak Berlaku Bagi Air Force One

Pilot dari Air Force One tidak perlu khawatir jika lalu lintas di udara sedang padat, karena Air Force One selalu mendapat prioritas.

Bahkan, lalu lintas di udara akan di tunda terlebih dahulu jika air force one sedang ingin terbang atau mendarat. Tetapi, biasanya Air Force One terbang dari bandara militer, sehingga tidak menganggu lalu lintas udara pesawat komersil.

Ada hal unik tentang fakta ini, pada tahun 1993, seperti dilansir dari NYTimes, lalu lintas dari salah satu bandara tersibuk di dunia, LAX, di Los Angeles, sempat tertahan selama beberapa waktu.

Hal ini terjadi karena Presiden AS ke 42, Bill Clinton, memotong rambutnya di dalam Air Force One ketika Air Force One sedang berada di landasan terbang, sehingga membuat pesawat lain tidak bisa mendarat, maupun terbang sebelum rambut Bill Clinton selesai di cukur. Hal ini memunculkan  banyak kritikan.

NEXT