Saat MiG Frustrasi, Mirage F-1 Irak Tampil Hancurkan 4 F-14 Tomcat Iran

F-1 Irak

Prancis mengirimkan total 86 jet tempur Mirage F-1EQ kursi tunggal dari empat varian yang berbeda, dan 15 jet latih Mirage F-1BQ dua kursi ke Irak selama 1981 hingga 1988. Sejarah kemudian mencatat jet tempur satu mesin ini menjadi pekerja keras Angkatan Udara Irak.

Sebanyak empat unit yang mengoperasikan jet tempur tersebut memang lebih sedikit bertempur melawan Iran daripada yang mengoperasikan MiG-21 atau Su-22, tetapi F-1 terbukti jauh lebih fleksibel.

Pesawat ini menawarkan kinerja penerbangan yang sangat baik (terutama di ketinggian rendah), presisi unggul dalam navigasi dan pengiriman senjata, dan kemampuan membawa beban dan pertahanan diri.

Pilot mereka yang terlatih dengan sangat baik melakukan sebagian besar tugas mereka dengan luar biasa, dan ada sedikit keraguan bahwa F.1 pada akhirnya mengungguli semua pesawat tempur lain di gudang senjata Irak dengan margin yang lebar.

Mirage Irak mungkin tidak mencetak banyak kemenangan udara selama Perang Iran-Irak, tetapi yang mereka capai adalah beberapa kemenangan udara terpenting dari perang. Dioperasikan dengan gaya hit and run mereka mencetak empat pembunuhan penting melawan F-14 Iran, sehingga menghancurkan aura tak terkalahkan Tomcat.

Tom Cooper & Milos Sipos dalam buku mereka Mirages The Dassault Mirage Family in service with the Iraqi Air Force, 1981-1988 sebagaimana dikutip The Aviation Geek Club mengatakan, meski semua orang Irak bersikeras bahwa lawan utama mereka adalah pertahanan udara Iran, ada fakta bahwa pada 1980-1981 lawan utama mereka masih F-14A Tomcat Angkatan Udara Iran.

F-14 Iran

Pesawat tempur pertama yang dilengkapi dengan microchip, F-14 adalah keajaiban teknologi pada zamannya. Pesawat mampu mencapai kecepatan jauh di atas 2 Mach, atau kemampuan untuk tetap berada di udara hingga 4 jam  atau hingga 12- 13 jam dengan bantuan beberapa kali pengisian bahan bakar di udara. Tomcat juga memiliki kemampuan manuver yang sama dengan MiG-21 yang jauh lebih kecil.

Selain itu, Tomcat dilengkapi dengan radar AWG-9 dan sistem persenjataan yang kuat, dengan jangkauan deteksi maksimum lebih dari 200 kilometer untuk target ukuran jet tempur.  Pesawat dapat membawa hingga enam rudal udara ke udara AIM-54A Phoenix yang dipandu radar aktif dengan jangkauan lebih dari 100 kilometer.

Iran awalnya memesan 80 Tomcat dan 714 rudal Phoenix. Pada saat hubungan antara Teheran dan Washington terputus, pada bulan April 1979, sebanyak 79 F-14A dan 240 AIM-54 dikirim. Namun, Iran tidak pernah menerima rudal AIM-7F Sparrow dan AIM-9H Sidewinder yang dimaksudkan untuk melengkapi arsenal Tomcat mereka hingga untuk bulan-bulan pertama perang F-14 hanya dipersenjatai dengan Phoenix dan meriam enam barel M61A1 Vulcan 20mm.  Baru pada musim semi 1981 para teknisi Angkatan Udara Iran mengadaptasi armada untuk membawa AIM-7E-2 Sparrows dan Sidewinders AIM-7J yang kurang andal.

Pada 1971 Iran memiliki sekitar 120 pilot dan sedikitnya 100 petugas pencegat radar atau Iran (RIO) yang telah menyelesaikan pelatihan tentang F-14. Namun pada 1981 jumlahnya tinggal kurang dari sepertiga.

Namun, masing-masing dari mereka telah menerima pelatihan ekstensif dalam taktik pertempuran udara di Amerika dan di dalam negeri dan ini disegarkan selama latihan terburu-buru yang diluncurkan setelah bentrokan perbatasan pertama dengan Irak pada Agustus 1980.

Meski sejumlah fasilitas dukungan telah dibangun oleh Amerika dan pemerintah Iran sebelum revolusi, Angkatan Udara Iran tidak dapat menjaga lebih dari 12-20 Tomcat dalam kondisi siap misi setiap saat. Namun, ini sudah cukup untuk mempertahankan patroli udara tempur di atas Khuzestan, Pulau Khark dan Teheran yang biasanya berlangsung dari pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore.

NEXT: MIG IRAK FRUSTASI, MIRAGE TAMPIL