California Menjadi Rahim Banyak Pesawat Aneh dan Revolusioner

Negara Bagian California Amerika Serikat seperti ditakdirkan sebagai wilayah yang melahirkan pesawat-pesawat revolusioner. Pesawat aneh dan berteknologi tinggi muncul dari wilayah ini.

Salah satu yang terakhir adalah Stratolaunch.  Pesawat raksasa ini dirancang untuk meluncurkan satelit ke udara dan meluncurkan ke orbit. Pesawat memiliki lebar sayap 385 kaki, yang menjadi rekor paling lebar dari pesawat yang pernah dibangun.

Pesawat dibangun di Mojave, California, oleh Vulcan Aerospace, sebuah perusahaan Seattle yang didukung oleh salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen dan direncanakan akan terbang pada awal 2019 mendatang. Pesawat saat ini sedang melakukan pengujian darat.

Stratolaunch dibangun menggunakan material komposit agar ringan, kuat, dan efisien bahan bakar. Stratolaunch memang mungkin menjadi yang terbesar, tetapi sekali lagi bukan pesawat paling aneh yang  lahir dari California. Mari kita lihat pesawat-pesawat revolusioner yang lahir dari wilayah ini.

dc-3

Pesawat DC-3

Pesawat DC-3 dibangun di Long Beach oleh Douglas Aircraft Co pada 1930-an dan 1940-an. Pesawat itu menjadi pesawat penumpang terpercaya pertama negara itu dan merevolusi perjalanan udara komersial.

Spruce Goose2

Goose Spruce

Hughes H-4 Hercules, yang lebih dikenal sebagai Spruce Goose, dibangun di Playa Vista oleh Howard Hughes ‘Aircraft Co.  Kapal terbang ini hanya sekali lepas landas pada tahun 1947.

u2

Pesawat Mata-Mata U-2

Pesawat mata-mata U-2 dibangun di fasilitas rahasia Skunk Works Lockheed Corp di Burbank. Pesawat telah memainkan peran kunci dalam pengumpulan intelijen sejak penerbangan pertama pada tahun 1955.

x-15

Pesawat Roket X-15

Pesawat roket X-15 dibangun di Downey oleh North America. Pesawat, yang mencatatkan rekor ketinggian dan kecepatan pada tahun 1960, menunjukkan bahwa pesawat bersayap bisa terbang ke dan dari ruang angkasa.

25coolest-sr-71

Pesawat Mata-Mata SR-71 Blackbird

SR-71 Blackbird dibangun di fasilitas Skunk Works di Burbank dimulai pada tahun 1960-an. Blackbird mencatatkan rekor ketinggian jet rekor pada tahun 1990 untuk penerbangan lintas negara yang dari Los Angeles ke Bandara Internasional Dulles, dekat Washington dengan waktu 68 menit dan 17 detik.

F-117
F-117

F-117 Night Hawk

Pesawat tempur bomber siluman F-117 yang juga dikenal sebagai Night Hawk, dibangun pada tahun 1980-an oleh Skunk Works Lockheed Corp di Burbank. Setelah pengenalan F-22 pada tahun 2006, Pentagon mempensiun armada F-117.

NEXT