Penumpang Gelap Pesawat Terjatuh dari Ketinggian 1.000 Meter

Seseorang yang diduga sebagai penumpang gelap jatuh dari ketinggian sekitar 3.500 kaki atau sekitar 1.000 meter meter dari pesawat yang terbang di wilayah udara bagian barat-daya London. Penumpang itu mendarat di taman rumah seorang pria.

Pemilik rumah itu sedang berjemur saat tersangka penumpang gelap itu jatuh, kata beberapa tetangganya.

Polisi percaya lelaki tersebut jatuh ke kebun di Clapham dari kompartemen pendaratan pesawat Kenya Airways yang terjadi saat pilot pesawat tersebut menurunkan roda pendaratan ketika pesawat mendekati Bandar Udara Heathtrow.

Seorang tetangga, yang tak ingin disebutkan namanya, mengatakan pria itu mendarat hanya satu meter dari pemilik kebun.

“Ia sangat beruntung tidak tertimpa dan tewas. Benturan itu menewaskan pria tersebut,” kata tetangga itu kepada surat kabar The Sun Selasa 2 Juli 2019.

“Ia bahkan tidak menyadari bagaimana permulaannya. Ia sedang tertidur dan kemudian ada benturan keras,” kata tetangga tersebut, sebagaimana dikutip Reuters.

Polisi mengatakan mereka dikerahkan ke satu rumah pada Minggu, setelah sesosok mayat ditemukan. Pemeriksaan otopsi direncakan dilakukan dan pria itu belum diidentifikasi.

Satu tas, air dan makanan ditemukan di kompartemen roda pendaratan pesawat Kenya Airways tersebut, setelah pesawat mendarat di Heathrow.

Beberapa gambar memperlihatkan tubuh pria itu mendarat sebagian di lempengan beton trotoar dan sebagian lagi di halaman –sehingga membuat lubang di taman rumah itu, yang berada lebih dari 15 kilometer dari Heathrow.

Seorang tetangga lain mengatakan kepada Press Association bahwa ia mendengar suara “dum” ketika tubuh pria itu mendarat di tanah, dan naik ke loteng rumahnya untuk melihat ke luar jendela.

“Mula-mula saya kira seorang gelandangan tidur di taman. Semua pakaiannya lengkap dan semuanya,” kata tetangga itu, sebagaimana dikutip.

“Setelah saya melihat lebih dekat dan terlihat ada darah di seluruh tembok kebun. Kepalanya tidak dalam kondisi baik. Saya segera menyadari bahwa ia telah jatuh.”

Kenya Airways mengatakan perjalanan 4.250 mil dari Nairobi ke Heathrow memerlukan waktu delapan jam – 50 menit.

“Patut disayangkan bahwa satu orang telah kehilangan nyawa karena menjadi penumpang gelap di satu pesawat kami dan kami menyampaikan belasungkawa,” kata perusahaan penerbangan tersebut di dalam satu pernyataan.

Penumpang gelap sebelumnya telah mendarat di pohon dan di atap rumah di London, setelah jatuh saat pesawat mendekati Heathrow.

Jose Matada jatuh dan tewas pada 2012 dari satu pesawat British Airways dari Angola. Ia tak dilaporkan hilang dan diperlukan waktu enam bulan untuk mengidentifikasi dia.