Terbang Demi Selamatkan Para Anjing

Aslinya dia adalah seorang dokter hewan di Angkatan Darat Amerika Serikat. Setelah pensiun dan bekerja di bidang IT, dia belajar terbang dan membeli pesawatnya sendiri. Bukan untuk bersenang-senang menyalurkan hobi, tetapi menyelamatkan anjing yang hendak dibunuh menurut aturan hukum, dan memindahkannya ke negara bagian lain agar terhindari dari pembunuhan resmi itu.

Paul Steklenski, tokoh yang baik hati ini membeli sebuah pesawat terbang seharga 70.000 dollar AS. Bagian belakang pesawatnya dia isi dengan kandang anjing untuk membuat para penumpang kesayangannya lebih tenang selama terbang.

Steklenski yang sewaktu dinas di tentara bertugas mengoperasikan tank, menyadari bahwa ia lebih ingin menyelamatkan hewan dari pada sekadar terbang. Hal itu dia sadari setelah mengadopsi anjing tunawisma, Tessa, dari pusat penyelamatan.

Awalnya, dia menganggap bahwa menjadi relawan yang mengemudikan mobil untuk memindahkan anjing ke tempat penampungan adalah jalan terbaik. Tujuannya agar anjing-anjing itu menemukan keluarga baru yang mau menampungnya. Namun, dalam beberapa kasus, anjing ternyata harus dibawa pindah ke negara bagian dari di AS agar bisa tetap hidup.

Akhirnya, Steklenski menerbangkan Bonanza Beechcraft-nya untuk mengangkut anjing dan kucing. Secara kebetulan, ia mulai belajar terbang tahun 2013 sebagai hobi. Dia menyadari kemudian bahwa menyelamatkan hewan adalah keinginannya yang terpendam, jadi dia lanjutkan untuk mendapatkan lisensinya.

Kemudian pada Mei 2015, dia mendirikan Flying Animal Rescue dan dia telah menyelamatkan 742 hewan sejak saat itu. Kebanyakan hewan itu terlantar atau disalahgunakan oleh pemilik lamanya. “Ketika saya terbang, ada saatnya saya ingin berhenti karena saya berpikir saya tidak bisa melakukan ini terus, tapi saya justru kembali lagi. Begitu mendapatkan sertifikasi, saya berpikir, Apa yang akan saya lakukan sekarang?” kata Steklenski, yang berasal dari Schwenksville, Pennsylvania.

Steklenski mengaku tidak tega melihat anjing-anjing di tempat penampungan dalam kondisi memilukan. Dia menilai, persoalan anjing ini semakin parah di bagian selatan AS, dan karena itu dia merasa harus memindahkan anjing-anjing itu ke negara bagian lain. “Pesawat adalah alat yang memungkinkan saya melakukan banyak hal dalam sehari yang tidak dapat saya lakukan dengan bus. Ini adalah pekerjaan yang sangat emosional tapi sangat bermanfaat,” tambah pria ramah ini.

 

Steklenski, yang tinggal bersama istrinya, Michelle, terbang sekali dalam sebulan ke berbagai tempat penampungan, di mana dia mengambil beberapa kucing dan juga anjing. Untuk mengangkut hewan-hewan itu, dia merubah interior Bonanza Beechcraft, yang awalnya berisi lima kursi. Dia juga membeli sejumlah kotak pembawa hewan peliharaan untuk diletakkan di belakang. Dia selalu berusaha memuat sebanyak mungkin anjing dan kucing dalam satu perjalanan. Maksimal, ada 23 hewan yang terangkut dalam satu perjalanan.

https://www.youtube.com/watch?v=R4lO7bPgTq4