Ketika F-15 dan F-16 Israel Menghancurkan 88 Jet Tempur Suriah

F-16 Israel / Times of Israel

Pada bulan Mei 1976  Suriah menambahkan penempatan pasukan, tank dan pesawat mereka di sekitar Lebanon seolah-olah untuk menstabilkan situasi tetapi pada akhirnya untuk mendukung faksi-faksi Muslim dan PLO, mengamankan jalan raya Damaskus —Beirut yang membentang melintasi Lebanon tengah.

Saat itu Perang Saudara di Lebanon memang mulai berkecamuk.Untuk memberikan perlindungan bagi sayap selatannya  menghadapi Israel,  Divisi Lapis Baja ke-10 Suriah  dikerahkan melintasi Lembah Bekaa. Guna melindunginya dari serangan udara Israel, Suriah mengerahkan tiga brigade  dengan 19 baterai  SAM termasuk dua baterai SA-2, dua SA-3, dan 15 SA-6 yang baru dan sangat efektif.

Israel mendukung pemerintahan Kristen di Lebanon  dan ingin mendorong mendorong PLO dan  Suriah keluar dari Lebanon selatan. Angkatan Udara Israel mempertahankan misi pengintaian yang mengawasi pangkalan-pangkalan dan gerakan PLO serta memotret posisi baterai SAM Suriah. Karena penerbangan dekat dari situs SAM sangat berisiko, Israel terpaksa mengandalkan drone pengintai Ryan Teledyne Firebee II.

Pada akhir Mei dan awal Juni 1982, PLO melakukan pemboman 12 hari di Israel utara membuat orang Israel meninggalkan rumah dan permukiman mereka untuk pertama kalinya sejak 1947.

Pemerintah Israel memerintahkan invasi darat skala penuh. Pada 6 Juni jam 11.00, unsur-unsur dari tujuh divisi mekanis Israel yang terdiri dari 60.000 tentara dan 500 tank  menyeberangi perbatasan ke Lebanon selatan dalam tiga kolom lebar. Satu melewati dataran pantai, satu melalui pegunungan Lebanon dan yang ketiga ke dalam Lembah Bekaa untuk menjaga Suriah campur tangan.

Pertempuran sangat keras dengan Suriah tak bisa dihindarkan. Jet-jet tempur Israel menembak jatuh tujuh MiG Suriah dalam tiga hari pertama kampanye.  Di darat, kekuatan ofensif membuat kemajuan yang baik di dataran pantai sampai terhenti di depan Sidon, sementara pasukan pusat mengatasi perlawanan PLO di Kastil Beaufort kuno pada 8 Juni hingga  membuka Lembah Bekaa untuk kemajuan lebih lanjut dan menuju bentrokan pasukan Suriah dan Israel pada hari berikutnya.

Pertempuran dimulai di bawah payung pelindung lima baterai SA-6 yang telah bergerak ke selatan untuk menangkis serangan udara Angkatan Udara Israel. Situasi ini mengharuskan Israel menggunakan strategi khusus untuk memberantas SAM  jika ingin dapat terus mendukung kemajuan dan pasukannya dalam pertempuran. Angkatan Udara Israel menggelar serangan dengan sandi Operasi Drugstore

Israel telah merencanakan hal itu selama beberapa minggu. Setelah memplot lokasi situs SAM dan mempelajari frekuensi dan model operasinya,  mereka menggunakan drone umpan Delilah, rudal anti-radiasi Keres, dan rudal permukaan ke permukaan Ze’ev.

Israel meluncurkan banyak drone umpan Delilah dan Suriah mengira itu adalah serangan besar-besaran. Ketika SA-6 mulai menyerang mereka,  Keres dan Ze’ev diluncurkan, menyerang baterai SAM Suriah dengan hit berulang-ulang. Dalam sepuluh menit pertama, sepuluh baterai tidak dapat beroperasi karena serangan atau karena mereka telah menembakkan semua rudal mereka.

Empat menit kemudian gelombang pertama yang terdiri dari 26 pembom tempur F-4E dan sejumlah Kfir C2 menyapu masuk, Phantom menyerang baterai dengan rudal AGM-65 Maverick serta AGM-45 Shrike dan AGM-78 Standard sementara Kfir menghantam van kontrol SAM dan area penyimpanan rudal dengan “iron bomb.”

Ketika gelombang pertama berangkat, 40 A-4 dan Kfir menderu masuk, menyebarkan bom cluster di seluruh posisi rudal SAM sementara F-4E yang dikonfigurasi secara khusus menggunakan bom 2.000 Ib yang dipandu laser terhadap situs radar yang masih hidup dan mengendalikan van.  Pada saat gelombang ini berbelok ke selatan pada jam 14.35 jam, 17 dari 19 baterai SAM telah padam.

Gelombang ketiga pembom dan jet tempur menyapu dan menyerang situs-situs ground-controlled interception (GCI) seluler Suriah hingga pembutakan angkatan udara Suriah di Lembah Bekaa, sementara F-15 dan F-16 diterbangkan.

MiG-23 Suriah

Para pemimpin angkatan udara Suriah yang menyadari bahwa jaringan pertahanan udara mereka sedang dibongkar secara metodis, segera menerbangkan tiga skuadron  yang diperkirakan terdiri dari 54 hingga 60 MiG  untuk mengadang pembom tempur Israel di Lembah Bekaa.

Namun, yang mereka temukan adalah formasi F-15 dan F-16 yang dikendalikan oleh Grumman E-2C AWACS yang bisa melihat MiG mendekat dan memiliki gambaran yang sangat jelas tentang aktivitas udara di lembah.

MiG-21 dan MiG-23 berada pada posisi yang tidak menguntungkan terhadap F-15 dan F-16 Israel. Sementara para jet tempur Israel memiliki radar jarak jauh memungkinkan mereka untuk memposisikan diri secara menguntungkan untuk serangan itu, MiG terbatas pada vektor GCI awal dari situs radar di Suriah.

Ketika mereka mendekati jet tempur Israel, gangguan elektronik membuat radar mereka tidak berguna dan kontak radio mereka dengan unit-unit GCI yang berbasis di Suriah terganggu.

“Ketika kami mendekati musuh sejauh 6km, radar kami akan menjadi hitam dan kami akan kehilangan semua cara untuk mendeteksi mereka. Kemacetan parah tidak hanya pada radar kami saja, tetapi juga pada komunikasi kami dengan kontrol darat,” kata seorang pilot Suriah.

MiG-21 Suriah

11 Juni adalah hari terakhir pertempuran berkelanjutan sebelum kemudian disepakati gencatan senjata pada siang hari itu.

Namun demikian, kedua belah pihak berjuang dengan semangat baru.  Angkatan Udara Suriah menerbangkan sejumlah besar Flogger dengan MiG-23MF dan MS untuk melawan F-15 dan F-16 Israel.  Sementara MiG-21 digunakan untuk mengawal MiG-23BN untuk melakukan serangan ke darat.

Selain itu MiG-25 Suriah terbang dengan kecepatan tinggi, ketinggian tinggi di atas Lembah Bekaa untuk memikat jet-jet tempur Israel hingga menjauh dari formasi serangan ketinggian rendah Suriah.

Suriah mengulangi taktik mereka pada hari sebelumnya dengan dua gelombang besar MiG-23BN  untuk melakukan serangan udara ke darat  yang masing-masing dikawal oleh skuadron MiG- 21 yang tersisa

Namun Suriah gagal menjauhkan F-15 dan F-16 dari MiG-23BN dan sekali lagi kerugian serius terjadi. Secara keseluruhan, tujuh Flogger Suriah hancur. Sebanyak enam MiG-21 yang juga jatuh dan setengahnya oleh F-15.

Secara resmi Israel mengklaim bahwa 88 pesawat Suriah ditembak jatuh selama 5-12 Juni 1982.  Jet tempur F-15 memperoleh 33 kemenangan dan 44 pembunuhan lainnya oleh F-16 dan satu oleh F-4E dikreditkan dengan menembak jatuh MiG Suriah.

Israel tidak mengakui berapa pesawatnya yang hilang tetapi diyakini total 13 pesawat mereka hilang  termasuk satu F-16A, satu F-4E, satu Kfir, dua A-4 dan beberapa helikopter.