Embraer Mendekati Kesepakatan Ekspor KC-390 Pertama dengan Portugal

Embraer mendekati kesepakatan ekspor pertamanya untuk pesawat transportasi / tanker KC-390 dengan mitra program Portugal, saat bersiap untuk menerbangkan pesawat pengiriman awal untuk pelanggan peluncuran Brazil ke pertunjukan udara Paris.

Portugal telah membuat persetujuan anggaran guna pembelian lima KC-390 dan pengumuman tentang kontrak dimungkinkan selama atau sebelum Paris Air Show Juni mendatang.

Jackson Schneider, Kepala Eksekutif Defense & Security Embraer , mengatakan diskusi dengan Portugal – yang berpartisipasi dalam KC-390  “sangat maju”. Embraer juga membuat bagian-bagian KC-390 di pabrik aerostrukturnya di Evora, Portugal.

Pabrikan akan menyerahkan pesawat pertama dari 28 pesawat yang dipesan Angkatan Udara Brasil tak lama setelah pertunjukan Paris. “Ini akan menjadi momen yang indah,” kata Walter Pinto, wakil presiden program tersebut sebagaimana dilaporkan Flightglobal.

Pesawat yang dipamerkan di Paris akan menjadi nomor seri empat. KC-390 ketiga dibangun muncul di pertunjukan udara Farnborough tahun lalu, dan merupakan contoh standar produksi pertama.  Pesawat telah menjalani  pengujian penerbangan lebih lanjut, termasuk uji coba untuk membuktikan kemampuan airdrop tipe itu.

Diskusi sedang berlangsung mengenai apakah angkatan udara Brasil pada akhirnya akan menerima pengiriman pesawat uji kedua dan ketiga di samping 28 pesanannya, kata Pinto. Salah satu pilihan adalah bahwa Embraer akan menyimpannya untuk pemasaran dan demonstrasi, dan sebagai testbeds untuk mengembangkan fitur baru.

Tiga pesawat produksi pertama saat ini berada di jalur perakitan akhir di Gaviao Peixoto, dengan yang kedua akan dikirim akhir tahun ini, dan yang ketiga, keempat, dan kelima pada tahun 2020, kata Pinto.

Sejak saat itu, jadwal pengiriman masih “sedang dibahas” dengan militer, tambah Pinto. Kontrak membutuhkan pengiriman semua 28 pesawat pada tahun 2026, meskipun Embraer memiliki kapasitas untuk memproduksi hingga 18 pesawat per tahun.

Argentina, Chili, Kolombia, Republik Ceko, dan Selandia Baru adalah negara yang mungkin membeli pesawat dengan mesin Aero Engine V2500 Internasional tersebut. Pesawat dapat mengangkut 80 penumpang atau 64 penerjun payung, dan juga diterjunkan di misi termasuk pemadaman kebakaran hutan dan pencarian serta penyelamatan .