Jet Tempur India Paksa Mendarat Pesawat An-12 Georgia

Jet tempur Angkatan Udara India mencegat sebuah pesawat angkut An-12 Georgia yang memasuki ruang udara India setelah terbang dari Pakistan Jumat 10 Mei 2019.

Kementerian Pertahanan India menyebut pesawat itu disebut menyimpang dari jalur penerbangannya dan akhirnya dipaksa mendarat di lapangan udara Jaipur.

The Daily Star mengutip pernyataan kementerian pertahanan melaporkan pesawat memasuki ruang udara India di sektor Gujarat Utara pada 15.15 jam waktu India. Pesawat tidak mengikuti rute resmi Air Traffic Services (ATS) dan tidak menanggapi panggilan radio dari pengendali udara India.

An-12 memasuki ruang udara India sekitar 70 km di utara pangkalan udara penting di Rann Kutch dan merupakan ruang udara yang ditutup untuk lalu lintas udara sipil setelah ketegangan antara India dan Pakistan akhir-akhir ini.

“Pada kontak visual, pesawat itu diidentifikasi sebagai AN-12 Georgia yang terbang pada ketinggian 27.000 kaki. Pesawat tidak menanggapi frekuensi marabahaya internasional atau sinyal visual selama intersepsi, ”menurut pernyataan itu.

“Namun, ketika diancam, pesawat menanggapi dan memberi tahu bahwa itu adalah pesawat AN-12 yang tidak dijadwalkan yang telah mengudara dari Tbilisi (Georgia) ke Delhi melalui Karachi. Pesawat itu dibayangi dan dipaksa mendarat di Jaipur untuk penyelidikan yang diperlukan, ”kata Kementerian Pertahanan India.

 

Facebook Comments