Orang Terkaya di Dunia Luncurkan Kendaraan Pendaratan Bulan

0
Pendiri Blue Origin, Jeff Bezos, meluncurkan mockup wahana pendaratan bulan Blue Moon/Space.com

Perusahaan luar angkasa swasta Blue Origin mengungkapkan mockup ukuran penuh wahana pendarat bulan atau lunar lander  yang bernama “Blue Moon.”

“Ini adalah kendaraan yang luar biasa, dan akan menuju ke bulan,” kata pendiri dan kepala eksekutif Blue Origin Jeff Bezos saat peluncuran di Washington Convention Center 9 Mei 2019 sebagaimana dilaporkan Space.com.

Blue Moon dirancang untuk membawa rover dan muatan besar lainnya ke permukaan bulan, tetapi juga bisa membawa astronot ke bulan, kata Bezos yang juga mendirikan Amazon.com dan merupakan orang terkaya di dunia.

Untuk memodifikasi Blue Moon menjadi pesawat luar angkasa berawak, perusahaan akan menambahkan pada pesawat ruang angkasa kendaraan rover bertekanan.

Meski Bezos tidak secara eksplisit menyatakan bahwa Blue Origin berencana untuk menawarkan kendaraan barunya ke NASA untuk dorongan ambisius agensi tersebut mendaratkan astronot Amerika di bulan pada tahun 2024, deskripsi yang baru diposting di situs web perusahaan menyatakan bahwa varian pembawa kru Blue Moon “Telah dirancang untuk mendaratkan kendaraan rover yang akan memungkinkan kita untuk mengembalikan orang Amerika ke bulan pada tahun 2024.”

NASA belum memilih wahana untuk perjalanan bersejarah itu, jadi Blue Moon mungkin akan menjadi penantang. Baru bulan lalu, Lockheed Martin mengungkapkan rencananya untuk membangun lunar lander. Pendarat Lockheed (yang belum menerima nama) akan menjadi bagian dari infrastruktur “Gateway awal” perusahaan untuk kehadiran manusia yang berkelanjutan di bulan.

Apakah para astronot NASA dapat benar-benar mencapai bulan 2024 masih menjadi bahan perdebatan, tetapi ada beberapa hal yang pasti: perusahaan swasta dan badan antariksa lainnya di seluruh dunia bersiap untuk gelombang baru penjelajahan bulan, dan Blue Origin telah memasuki track balapan menuju bulan.

Facebook Comments