Curhat, Pilot Terbang dengan Membentuk Tulisan I’m Bored

Banyak cara untuk mengungkapkan perasaan, tetapi yang dilakukan seorang pilot Australia ini benar-benar unik. Pilot pelatih di Adelaide ini terbang dengan jalur yang membentuk tulisan “I’m bored”  atau “Aku bosan.”

Pesawat Diamond Star, yang dioperasikan oleh Flight Training Adelaide, menghabiskan kurang lebih tiga jam di udara pada Selasa 19 Februari 2019. Pesan yang dia sampaikan tentu saja tidak terlihat oleh orang-orang darat, tetapi akan sangat jelas terbaca bagi mereka yang pengikut pelacakan penerbangan.

Diyakini pilot itu terbang dari Bandara Parafield, utara Adelaide Australia untuk menguji mesin baru. Situs web FlightAware menangkap perjalanan pilot antara pukul 8:53 hingga 11:57 pagi.

Pilot itu terbang beberapa putaran, menciptakan beberapa grafiti yang agak seronok karena seperti gambar alat kelamin laki-laki di sepanjang pantai, sebelum menelusuri jalur “I’m bored”.

Pensiunan pilot Qantas A380, Chris Wilson mengakui apa yang dilakukan pilot itu bukan hal yang biasa.  “Ini tidak biasa bagi seseorang untuk melakukan ini. Ini yang pertama yang saya lihat,” kata Wilson.

Namun dia mengatakan apa yang dilakukan tersebut bukan hal yang membahayakan. “Saya pikir itu adalah pengejaran yang tidak berbahaya. Dia jelas bosan,” tambahnya sebagaimana dikutip ABC Australia Kamis 21 Februari 2019. “Menurutku dia pilot muda yang berusaha mengumpulkan jam penerbangan.”

Wilson mengatakan pilot akan mengikuti jalur GPS. “Saya pikir itu cukup aman, asalkan mereka mengikuti semua aturan penerbangan normal,” katanya.

Juru bicara Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Peter Gibson mengatakan tidak khawatir dengan ulah pilot tersebut. “Semua pilot merencanakan lintasan bagi pesawat mereka untuk menuju dari mana mereka akan pergi dan – sekarang seperti apa lintasan itu muncul di radar tentu saja adalah hal yang sama sekali berbeda,” katanya.

“Selama pilot menerbangkan pesawat dengan aman dan mematuhi semua aturan keselamatan penerbangan, kami tidak terlalu khawatir tentang seperti apa bentuk trek itu.” Belum ada komentar dari Sekolah Penerbangan Adelaide.

Ini bukan hal pertama pilot terbang dengan membentuk gambar tertentu. Beberapa kasus terjadi pilot menggambar pesawat, tanda cinta, meninggalkan pesan dan bahkan menandatangani pekerjaan mereka sendiri di penerbangan.

Namun akan jadi kasus jika gambar yang dibentuk menggunakan asap mesin atau membentuk gambar seronok. Dua marinir Amerika bahkan dihukum karena aksi di mana mereka menciptakan “penis ” di langit California pada Oktober 2017.