Airbus Hentikan Produksi Jumbo Jet Ikonik A380

0
Airbus A380 Air France/Planespotters.net

Airbus mengatakan akan menghentikan produksi jet superjumbo A380 ikonik, pesawat penumpang terbesar di dunia.

Dalam siaran persnya Kamis 14 Februari 2019, perusahaan tersebut mengatakan akan menghentikan pengiriman pesawat bermesin ganda pada 2021.

Keputusan itu muncul setelah Emirates Airlines – yang mengoperasikan armada Airbus A380 terbesar di dunia – mengurangi pesanannya dari 162 menjadi 123 pesawat. Airbus menambahkan saat ini pemesanan dengan maskapai lain kurang.

“Sebagai hasil dari pesanan Emirates kami tidak memiliki jaminan A380 secara substansial dan karenanya tidak memiliki dasar untuk mempertahankan produksi, terlepas dari semua upaya penjualan kami dengan maskapai lain dalam beberapa tahun terakhir,” kata CEO Airbus Tom Enders sebagaimana dikutip Business Insider.

Airbus menambahkan Emirates mengalihkan pesanannya dari A380 menjadi 40 A330neo dan 30 jet A350  dan menambahkan pihaknya akan mengirimkan 14 A380 terakhir berdasarkan pesanan Emirates selama dua tahun ke depan.

Emirates telah menginvestasikan puluhan miliar dolar di lebih dari 100 A380 di masa lalu, tetapi berjuang untuk mempertahankan pesanannya karena perbedaan dengan pemasok mesin Rolls-Royce.

Emirates dan Rolls-Royce tidak bisa menyetujui harga dan standar pembakaran bahan bakar untuk mesin, yang menyebabkan Emirates dilaporkan kehilangan tenggat waktu untuk membuat pilihan mesinnya.

Maskapai di seluruh dunia telah beralih ke jet penumpang yang lebih ringan untuk menghadapi kenaikan harga bahan bakar. Antara 3.000 dan 3.500 pekerjaan akan berpotensi terkena dampak pada akhir produksi A380, kata Airbus.

“Pengumuman hari ini menyakitkan bagi kami dan komunitas A380 di seluruh dunia. Tetapi, perlu diingat bahwa A380 masih akan berkeliaran di langit selama bertahun-tahun mendatang dan tentu saja Airbus akan terus mendukung sepenuhnya operator A380,” kata Enders.

Facebook Comments