Dunia Butuh 255.000 Pilot Baru, Operator Ramai-Ramai Naikkan Gaji

0
Pilot Maskapai Turki Klaim Lihat UFO di Hari Hilangnya EgyptAir
Ilustrasi

Operator jet bisnis, yang sudah menawarkan kenaikan gaji hingga dua digit pilot untuk menghadapi kekurangan tenaga kerja di Amerika Utara ketika mereka harus bersaing dengan maskapai penerbangan Amerika.

Konsultan penerbangan berbasis Amerika Serikat, Rolland Vincent mengatakan saat ini persaingan dari perusahaan penerbangan semakin meningkat, yang umumnya diwarnai dengan menawarkan gaji dan tunjangan yang lebih tinggi serta menerima pengiriman pesawat baru dengan cepat.

Menurutnya Boeing Co dan Airbus SE di Dubai Air Show minggu ini berhasil mendapatkan 700 pesanan sementara untuk jet komersil narrowbody dan berpotensi menambah backlog yang lumayan besar.

Industri penerbangan komersial yang berkembang pesat di dunia jelas akan membutuhkan tambahan banyak pilot. Diperkirakan perlu tambahan 255.000 pilot pada tahun 2027

Dennis Tajer, juru bicara Allied Pilots’ Association (APA) ¬†yang mewakili pilot American Airlines mengatakan operator asal Amerika merekrut karyawan untuk menerbangkan pesawat baru dan menggantikan staf pensiunan. American Airlines saja diperkirakan akan menyewa 900 pilot pada tahun 2018, naik dari lebih dari 500 pada tahun 2017,

“Ini benar-benar pasar pembeli dan pembeli adalah pilotnya sekarang,” kata Tajer dalam sebuah wawancara dengan Reuters Jumat 17 November 2017. “Jika Anda tidak membayar harga pasar pilot, Anda akan kehilangan mereka.”

Sedangkan Adam Twidell, chief executive PrivateFly mengatakan untuk operator di Eropa tidak akan mendapat masalah untuk mendapatkan pilot tahun ini karena memiliki pasokan pilot yang memadai setelah Air Berlin dan Monarch Airlines Inggris menghentikan operasinya

Menurut survei Pilot 2017 dari National Business Aviation Association (NBAA), seorang kapten yang menerbangkan pesawat bisnis menengah seperti Bombardier Challenger 350 menghasilkan rata-rata US$ 130.000. Pada tahun 2017, seorang kapten American Airlines yang terbang dengan B737 atau A320 narrowbody memperoleh lebih dari US$ 268.000.

Don Haloburdo, Wakil Presiden dan General Manager Layanan Penerbangan Jet Aviation, sebuah divisi dari General Dynamics Corp, mengatakan bahwa gaji pilot perusahaan meningkat 20 persen setiap tahun.

Haloburdo memperkirakakn kenaikan gaji akan sedikit meningkatkan biaya operasional bagi perusahaan jet bisnis, tapi itu bisa diterima.

Facebook Comments