Anak Kecil Nyelundup Jadi Penumpang

Kebayang kan, kalau kita mau terbang ribetnya bagaimana. Baru masuk pintu saja sudah ditanyakan soal tiket. Lelu di area boarding, lagi-lagi kita harus ngurus tiket dan diberi boarding pas agar bisa masuk ke ruang tunggu. Nah, di ruang tunggu waktu mau masuk pesawat masih diperiksa satu-satu lagi. Kalau tak bawa boarding pass, jangan harap bisa keluar dari ruang tunggu dan masuk pesawat. Di pesawat, pramugari kadang masih nanya lagi soal nomor tempat duduk yang ada di tiket.

Jadi, kalau ada yang bisa lolos dari semua pemeriksaan itu, kayaknya memang hebat. Atau jangan-jangan sakti.

Minggu lalu, seorang gadis berusia tujuh tahun bisa menyelinap melalui keamanan bandara dan naik penerbangan easyJet tanpa boarding pass di Jenewa. Kabar ini dibenarkan otoritas setempat. Tidak diketahui bagaimana anak itu berpisah dari orang tuanya, namun laporan menunjukkan bahwa dia melarikan diri dari rumahnya atau mungkin lepas ketika mereka ada di sebuah stasiun kereta terdekat.

Setelah naik kereta api dan bepergian sendirian ke Bandara Jenewa, dia melewati keamanan. Dia bahkan kemudian bisa masuk dalam rombongan sekelompok orang dewasa ke pesawat yang menuju ke Corsica. Kru kabin EasyJet melihatnya di atas pesawat, 30 menit dia duduk.

Dalam rekaman CCTV yang diputar untuk mengetahui semua proses itu, terungkap bahwa anak itu sempat berada di daerah gateside selama hampir satu jam. Dari rekaman juga terungkap bahwa gadis tersebut pada awalnya mencoba naik pesawat Air France. Dia nampak berjalan mengikuti awak kabin. Dia sempat dihalau, tetapi tidak ada upaya untuk menangkap atau setidaknya melaporkan kejadian itu ke pihak berwajib.

Dia kemudian berusaha lagi dan berhasil melakukan di percobaan keduanya. Diungkapkan polisi bahwa dia naik pesawat dengan menyelinap melalui celah yang cukup besar, dan bergabung dengan sekelompok penumpang. Staf Air France memberi tahu easyJet, yang membantu mereka menemukan gadis itu dan menyerahkannya kepada polisi.

Juru bicara easyJet mengatakan kepada The Independent bahwa maskapai tersebut memastikan seorang anak yang tidak ditemani orang tua telah salah menaiki pesawat EZS1305 dari Jenewa ke Ajaccio. Awak kabin telah mengidentifikasi anak itu dan segera melaporkannya ke polisi. “Kami telah mengambil langkah ini bersama bandara Jenewa dan sebuah penyelidikan telah dilakukan,” kata juru bicara itu.