airberlin Ucapkan Selamat Tinggal Abu Dhabi

    Maskapai airberlin dari Jerman akan berhenti beroperasi dalam rute Berlin – Abu Dhabi mulai 15 September. Keputusan ini diambil hanya beberapa minggu setelah maskapai tersebut menyatakan bangkrut.

    Etihad Airways, maskapai yang bermarkas di Abu Dhabi, memiliki hampir 30 persen saham airberlin. Penghentian rute ini tentu akan akan berpengaruh bagi pelayanan Etihad, karena airberlin merupakan pengakut pengumpan sekaligus pemilik codeshare. Karena tidak mau ikutan kacau, Etihad mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya bahwa mereka sedang mencari kemungkinan lain agar penumpang tetap bisa memperoleh haknya terbang antara dua kota itu. Salah satunya adalah dengan membuka penerbangan alternatif.

    “Kami telah diberitahu bahwa airberlin membatalkan operasinya antara Berlin dan Abu Dhabi mulai tanggal 15 September sampai 31 Oktober 2017. Kami sekarang sedang berupaya mengatur penumpang kami ke penerbangan alternatif Etihad dalam tanggal tersebut,” kata juru bicara Etihad.

    Selain itu, karena ketidakpastian operasional airberlin, Etihad telah memutuskan untuk mengatur ulang seluruh jadwal penerbangan codeshare dengan airberlin, mulai 1 November dan seterusnya.

    Pembatalan penerbangan ke Abu Dhabi terjadi saat airberlin bergulat dengan ketidakpastian mengenai masa depannya. Ini sebagai dampak dari keputuan Etihad Airways yang menarik dukungan finansial untuk maskapai murah asal Jerman tersebut. Laporan media juga menyebutkan bahwa airberlin akan membatalkan rute penerbangan jarak jauh lainnya termasuk beberapa rute ke AS.

    Pada pertengahan Agustus, Etihad menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan pendanaan lebih lanjut kepada airberlin yang ketika itu di jurang kebangkrutan. Apalagi kemudian airberlin menyatakan diri bangkrut, tanpa berkoordinasi dengan Etihad. Keputusan itu sangat mengecewakan manajemen Etihad di Abu Dhabi dan memperuncing persoalan antara manajemen keduanya.

    Sementara itu, Deutsche Lufthansa AG mengatakan mungkin akan membeli sebagian saham airberlin. Reuters awal pekan melaporkan bahwa Lufthansa mengincar 12 pesawat jarak jauh airberlin untuk mendapatkan pangsa pasar di segmen tersebut. Lufthansa saat ini tidak memiliki rute penerbangan jarak jauh dari Berlin. Setidaknya setengah lusin penawar aset airberlin sekarang berlomba untuk mengajukan penawaran sebelum tenggat waktu pada pertengahan September, lanjut Reuters.

    Dalam pernyataannya, Etihad Airways mendesak penumpang mereka yang terbang menggunakan airberlin untuk menghubungi agen perjalanan atau mengunjungi situs web maskapai tersebut untuk melihat perubahan tiket mereka.