A320 Rakitan China Pertama Milik AirAsia

    AirAsia telah menerima pengiriman A320neo pertama di Airbus Final Assembly Line Asia (FALA) pada sebuah upacara khusus di Tianjin, China. AirAsia menjadi pelanggan penerbangan terbesar Keluarga A320 dengan pesanan 578 pesawat, termasuk 404 pesawat A320neo.

    Tidak dibuat di Perancis atau Jerman, pesawat ini sepenuhnya dirakit di China.

    “Kami sangat bangga menerima A320neo Airbus pertama yang dirakit sepenuhnya di Tianjin, China dan kami ingin mengucapkan selamat kepada Airbus, juga Pemerintah China untuk mencapai tonggak sejarah lainnya,” kata Aireen Omar, Chief Executive Officer AirAsia Berhad.

    Cina saat ini merupakan salah satu pasar penerbangan paling penting di dunia. Omar juga mengatakan bahwa AirAsia merasa terhormat menjadi bagian dari perkembangan dan pertumbuhan penerbangan sipil China yang pesat.

    Pesawat Airbus A320 berkontribusi besar terhadap model bisnis dan operasi AirAsia. Pesawat ini berukuran tepat untuk rute-rute AirAsia dan hemat bahan bakar. Maskapai ini sudah menerima kiriman A320neo pertama tahun lalu dan pengiriman ini unit yang ke-13. Sedangkan secara total, ini  merupakan pesawat ke-184 yang dikirim Airbus.

    “Saya sangat senang bisa menyerahkan A320neo pertama yang dirakit di Tianjin ke AirAsia. AirAsia akan terus mendapatkan keuntungan dari semua varian keluarga Airbus dan menikmati efisiensi di seluruh armada yang ada, “kata Eric Chen, Presiden Airbus Commercial Aircraft China.

    Chen juga menambahkan bahwa pengiriman ini merupakan tonggak sejarah untuk Final Assembly Assembly Asia (FALA) mereka. Fasilitas ini membantu memenuhi permintaan pelanggan Airbus di China dan kawasan Asia Pasifik.

    FALA di Tianjin, yang diresmikan pada 2008 menjadi lokasi perakitan akhir jalur tunggal pesawat tunggal Airbus di seluruh dunia, mengikuti Toulouse dan Hamburg. Ini juga merupakan Airbus Final Assembly Line pertama di luar Eropa. Saat ini, sekitar 340 pesawat telah dirakit dan dikirim dari Tianjin, China.