Enam Belas Menit Terbang, Rute Terpendek AS

    United Airlines baru saja mengumumkan rute baru yang akan ditetapkan sebagai yang terpendek di Amerika. Terbang dari Sonoma County ke San Francisco, penerbangan ini hanya akan berlangsung 16 menit.

    Enam belas menit? Iya, enam belas menit saja di udara. Lalu turun di seberang kota dan siap bekerja atau pulang.

    Penerbangan yang menempuh jarak sekitar 100 km ini akan beroperasi tiga kali seminggu. Meskipun hanya menghabiskan 16 menit di udara, United akan mengalokasikan waktu 45 menit untuk perjalanan dalam jadwalnya. Mengapa? Ya selalu begitu. Maskapai menambah waktu perkiraan agar ketika terlambat dari waktu sebenarnya tidak dianggap terlambat. Rata-rata waktu penerbangan yang diumumkan selalu lebih lama dari aslinya.

    Warga San Francisco dan sekitarnya biasanya menjalani rute ini dari darat. Mereka menyetir melewati Golden Gate Bridge, Sausalito dan kemudian merambah perbukitan hijau yang indah dan pantai Marin County. Rute ini kemudian berakhir di Sonoma dan dapat ditempuh dengan mobil selama 90 menit.

    Namun, kadang rute itu macet dan pekerja atau wisatawan harus menghabiskan waktu lebih lama. Atau untuk keperluan tertentu, seseorang harus bergerak lebih cepat ke arah kota maupun sebaliknya. Untuk pasar semacam inilah, penerbangan enam belas menit dari United ini hadir.

    Selain itu, penerbangan ini juga menjanjikan pemandangan di sekitar Golden Gate yang spektakuler, terutama pada sore hari.

    Kalau bolah diduga, penerbangan ini sebenarnya lebih menyasar ke kalangan turis. Seperti dilaporkan traveller.com.au, seorang turis yang bepergian dari Union Square, San Francisco, bisa dengan mudah berpindah ke bandara Charles M Schultz di Santa Rosa. Disana, ada museum Charles M Schultz, ditambah 425 kilang anggur, 11 taman negara bagian dan beberapa festival yang sangat bagus, seperti acara musik tahunan Bottleneck. Sutradara film Francis Ford Coppola memiliki kebun anggur di daerah ini, yang juga berisi museum memorabilia dari berbagai film. Wisatawan juga bisa menikmati kolam renang yang terbuka selama akhir pekan di Sonoma yang cerah.

    Namun, jangan salah sangka, penerbangan 16 menit ini bukan penerbangan terpendek di dunia. Pemegang rekor sampai saat ini adalah maskapai Loganair, sebuah perusahaan berbasis di Glasgow, Skotlandia, yang terkenal dengan rute ke kepulauan Orkney, Shetland dan Kepulauan Far East.

    Maskapai ini terbang dengan pesawat delapan kursi di Britten-Norman Islanders di Orkney, sepanjang 1½ menit dalam jarak 2,7 km antara Westray dan Papa Westray. Ini masih tercatat merupakan rute terjadwal terpendek di dunia, dengan catatan waktu 57 detik di udara jika angin mendukung.

    Di Amerika Utara, Greater Toronto Airways mengoperasikan penerbangan terpendek di Amerika Utara, antara Toronto dan Niagara, yang memakan waktu 12 menit dalam jarak 115 km.