Banjir Besar, 5000 Penerbangan Cancel

Maaf, penerbangan ditunda. Kabar itu menyebar ke ribuan penumpang sejumlah maskapai di Amerika, terutama yang berangkat atau menuju ke kawasan Texas. Bandara Houston diserang badai Harvey dan memangkas jadwal penerbangan di negara bagian Texas untuk hari kedua sejak hari Minggu.

Sudah lebih dari 1.400 pembatalan yang diperpanjang hingga Senin dan 450 lainnya untuk Selasa besok. Semua maskapai besar A.S menanggug biaya yang dikeluarkan penumpang atas pembatalan penerbangan.

Secara nasional, maskapai penerbangan telah membatalkan 1.785 penerbangan pada hari Minggu. Sebagian besar dari jadwal itu bertujuan ke Houston dan ke bandara-bandara Texas lainnya. Hari Sabtu, mayoritas penerbangan masih berjalan normal. Jika dijumlahkan, ada lebih dari 5.000 penerbangan telah ditunda secara nasional sejak Jumat – dengan sebagian besar disebabkan oleh Harvey.

Di Houston Bush Intercontinental, United Airlines sebenarnya ingin memenuhi jadwal penerbangan mereka pada Minggu. Namun tepat sebelum tengah hari mereka mengeluarkan pengumuman menyerah pada Harvey yang menciptakan banjir di berbagai wilayah Texas. “Pagi ini kami membuat keputusan untuk menunda semua operasi di Bandara George Bush Intercontinental sampai Senin siang,” kata juru bicara United, Charles Hobart dalam sebuah pernyataan kepada USA Today.

Masalah muncul karena semua penerbangan dimulai di Bandara Hobby Houston. Sementara bandara ini sudah kebanjiran. Padahal, Hobby adalah salah satu basis tersibuk untuk Southwest Airlines dan juga melayani beberapa maskapai besar AS lainnya. “Landas pacu di Hobby saat ini tidak dapat digunakan dan tidak ada penerbangan yang beroperasi saat ini,” demikian pengumuman Houston Airport Systems pada Minggu di situsnya.

Tidak jelas kapan penerbangan bisa dilakukan di Hobby, namun FAA menyarankan setidaknya penutupan harus dilakukan sampai Rabu.