Komandan Polisi Australia Tarik Pesawat 190 Ton

Mau memperlihatkan betapa kuatnya otot Anda? Barangkali, apa yang dilakukan oleh Komandan Polisi Federal Australia, Grant Edwards ini bisa dicontoh. Dia menunjukkan tingkat kekuatan ototnya yang menakjubkan di pertunjukan udara Thunder Over Dover, di AS. Dalam kesempatan ini, dia berhasil menarik pesawat kargo C-17 Globemaster AS Air Force yang berbobot 190 ton hanya dengan menggunakan tubuhnya.

Sebuah video diviralkan dimana kita bisa melihat pesawat bergerak di sepanjang landasan saat rekan-rekannya menyemangati. Tidak panjang memang tarikan yang dilakukan, mengingat faktor keamanan dimana pesawat ini tidak boleh berjalan sendiri terlalu jauh.

Edwards sendiri melakukan hal tersebut untuk meningkatkan kepedulian pada kesehatan mental aparat kepolisian, khususnya, stres pasca trauma, yang dideritanya. Seperti diketahui tugas polisi dimanapun selalu berat. Mereka dipagari oleh aturan hukum yang ketat sekali, untuk menghadapi para pelanggar hukum yang bisa melakukan apa saja. Polisi tidak boleh menembak sembarangan sementara penjahat bisa semaunya. Ini yang kadang membuat sebagian petugas mengalami tekanan kesehatan mental.

C-17A Globemaster III adalah pesawat transportasi berat dengan empat mesin berkualitas tinggi. Ini memiliki tiga kali daya dukung Hercules C-130, yang memungkinkan angkatan bersenjata Australia dengan cepat bisa mengerahkan pasukan, pasokan, kendaraan tempur, alat berat dan helikopter ke manapun di dunia. Pesawat ini bisa membawa hingga 77 ton, mulai dari Tank Abrams, empat kendaraan Bushmaster, tiga helikopter Black Hawk, atau dikonversi ke kapasitas evakuasi aeromedikal.

Polisi Federal Australia mengatakan bahwa upaya menarik pesawat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental polisi. “Komandan kami Grant Edwards telah mencetak rekor dunia dengan menarik pesawat kargo C-17 Globemaster USAirForce 190 ton lima meter di sepanjang landasan pacu di Dover Airshow di AS.
Tunjukkan dukungan Anda dengan membantu kami mengucapkan selamat kepadanya atas kekuatan dan keberanian yang luar biasa ini,” demikian rilis dari kepolisian Australia.