Lahir di Pesawat, Gratis Terbang Seumur Hidup

Jet Airways, sebuah maskapai penerbangan India baru saja memberi hadiah ulang tahun kepada anak yang baru lahir di salah satu pesawat mereka. Maskapai ini mengatakan akan memberikan tiket penerbangan gratis seumur hidup kepada anak laki-laki itu, setelah lahir dalam salah satu penerbangan antara Arab Saudi dan India.

Ibu anak itu, yang identitasnya dirahasiakan, merasa bahwa dia akan melahirkan tidak sesuai jadwal atau prematur di ketinggian 35.000 kaki. Penerbangan yang seharusnya menuju ke kota Kochi, di India selatan itu akhirnya dialihkan ke Mumbai. Begitu mendarat, ibu dan bayinya dibawa ke rumah sakit setempat dan menjalani perawatan lanjutan

Para awak pesawat membantu melahirkan bayi itu. Beruntung, salah satu penumpang adalah paramedis, sehingga proses tersebut dapat ditangani dengan baik. “Jet Airways memuji awak kapal atas tanggapan dan ketepatan waktu mereka, dan melihat mereka berhasil menerjemahkan pelatihan ke dalam tindakan nyata dalam menyelamatkan nyawa,” kata juru bicara maskapai.

Maskapai ini tidak mengungkapkan kewarganegaraan anak laki-laki yang lahir dalam penerbangannya. Namun yang pasti, kelak sang bayi akan bebas bepergian ke banyak kota di India. Apalagi, Jet Airways adalah maskapai besar yang terbang ke 65 tujuan domestik dan internasional.

Kelahiran bayi di pesawat memang jarang terjadi tapi bukan berarti tidak pernah. Mereka yang lahir dengan proses semacam ini, akan memperoleh keterangan resmi di dalam paspor dengan kaliman: pemegang lahir di pesawat terbang.

Jet Airways adalah salah satu dari sekitar setengah lusin maskapai penerbangan yang memberikan hadiah istimewa bagi bayi yang lahir di penerbangan mereka. Beberapa diantaranya adalah Thai Airways dan AirAsia. Belum lam, ada juga bayi yang mendapat tiket gratis dari Virgin Atlantic sampai usia 21 tahun. Sementara maskapai Filipina Cebu Pacific memberi hadiah bagi bayi perempuan yang baru lahir satu juta poin frequent flier tahun lalu.