Beda Pesawat Sipil dan Militer yang Kerap Jadi Pertanyaan

Mengapa mesin jet tempur lebih keras suaranya dari pesawat sipil? Bagaimana jika tiba-tiba mesin jet tempur mati di udara? Apa bedanya mengendalikan pesawat militer dan pesawat sipil?

Ada banyak pertanyaan simpel tetapi membingungkan terkait opersional pesawat militer dan pesawat sipil.

John Cox, mantan kapten US Airways dan sekarang mendirikan perusahaan keselamatan penerbangan menjawab berbagai pertanyaan tersebut.

Mengapa mesin jet militer jauh lebih keras daripada jet kapal komersial?

Jet militer merupakan turbojet murni, sedangkan pesawat komersial adalah fanjets. fan menghasilkan udara kecepatan rendah yang bertindak sebagai insulator energi udara tinggi yang dihasilkan oleh inti mesin, sehingga meredam kebisingan.

Bagaimana pesawat komersial dan berbagi pesawat militer langit?

Kontrol lalu lintas udara melakukan pekerjaan besar untuk menjaga pesawat terbang terpisah, baik itu komersial, pribadi atau militer. Selain itu, cabang militer memiliki wilayah udara khusus yang dapat mereka gunakan untuk pelatihan dan manuver.

Lebih mudah mana, menjadi pilot pesawat komersial atau pesawat militer?

Tergantung pada jenis pesawat yang digunakan. Menerbangkan sebuah pesawat komersial sangat mirip dengan pesawat terbang kargo militer. Pesawat taktis dan tempur melakukan pekerjaan yang sama sekali berbeda sehingga sulit membandingkan mereka.

Apa yang menentukan ketinggian sebuah pesawat? Mengapa sebuah MIG-29 bisa terbang 70.000 kaki dan F/A-18 hanya 50.000?

Desain pesawat dan mesin menentukan langit-langit. MIG-29 dan F/A-18 dirancang untuk dua alasan yang berbeda. MIG-29 adalah pesawat tempur superioritas udara ketinggian tinggi, sedangkan F/A-18 adalah pesawat multi-peran tempur / serangan angkatan laut. F/A-18 tidak dimaksudkan untuk bertempur di ketinggian yang sangat tinggi; pesawat tempur Amerikalain yang melakukan tugas itu.

Pesawat F-111 terbukti efektif selama dua Perang Teluk, mengapa kemudian pesawat itu dipensiun dengan cepat?

Teknologi F-111 bukan datang dari masa depan, tapi itu dirancang pada pertengahan 1960-an. Setelah Perang Teluk, para perencana militer menyimpulkan pesawat lain bisa memenuhi kebutuhan strategis armada dan F-111 sudah pensiun.

Apakah seorang pilot F-16 masih memiliki kontrol pada pesawat jika tiba-tiba mesin mati di udara? Seberapa jauh bisa pesawat meluncur?

Ya, F-16 dapat mendarat tanpa mesin. Telah dilakukan di masa lalu. Rasio meluncur dari seorang pejuang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak akan pergi terlalu jauh dibandingkan dengan pesawat jenis lain, tetapi jika ada landasan dalam kisaran pendek pilot bisa mendaratkan pesawat.

Seberapa jauh CT-114 Kanada dapat meluncur jika harus kehilangan kekuatan di ketinggian 500 kaki dengan kecepatan tinggi? Jika tanpa daya dapatkah CT-114 berbalik 45 derajat ke kanan?

Saya tidak tahu jarak yang tepat, tetapi jet militer kehilangan mesin pada 500 kaki harus mengkonversi kecepatan udara ke ketinggian dengan cepat. Jika ada cukup kecepatan udara untuk mengubah menjadi ketinggian, ada kemungkinan untuk CT-114 mendarat di bandara jika kegagalan mesin terjadi selama airshow. Ya, CT-114 dapat mengubah tanpa mesin berjalan.

Apakah Anda pernah melihat jet tempur terbang bersama Anda hanya untuk menyapa atau bahkan sedikit bersenang-senang?

Tidak, jet tempur tidak “menyapa” atau sedikit bersenang-senang dengan pesawat.

Sumber: USA Today