Ingin Naik Pesawat ala Tokoh Star Wars? Bisa Kok…

Fenomane film Star Wars benar-benar merasuk ke benak banyak orang, termasuk desainer pesawat terbang. Gagasan yang dicetuskan Winspeed Technologies, perusahaan layanan teknik aerospace yang berbasis di Washington, AS,  itu akan memanjakan pasangan yang beruntung untuk menikmati sensasi terbang ala Star Wars.

Perusahaan pengembangan mesin pesawat luar angkasa yang beroperasi sejak 2006 tersebut merancang kabin pesawat untuk dua orang yang menyerupai kokpit pesawat temput Luke Skywalker, karakter protagonis dalam Star Wars.

SkyDeck Viewing Dome
SkyDeck Viewing Dome menyembul di bagian atas pesawat, memungkinkan penumpang bisa mengobservasi langit hingga 360 derajat.

Rancangan pesawat tersebut berupa tempat duduk yang menyembul ke atas badan pesawat, dilengkapi dengan kanopi tembus pandang yang menawarkan pemandangan udara kepada penumpang.

 

Bayangkan Anda naik motor dan mempu menikmati panorama sepanjang perjalanan. Pindahkan imajinasi tersebut ke udara, tempat Anda bisa melihat cakrawala, awan, bahkan matahari terbenam (atau terbit) dari langit. Itulah yang diinginkan Winspeed Technologies.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=vxr9Bj5qf1M[/embedyt]
Desain tersebut diberi nama SkyDeck Viewing Dome. Dan ide tentang tempat duduk menyembul yang bentuknya seperti gelembung itu diklaim bisa diterapkan dalam pesawat terbang komersial apapun.

Dalam konsep SkyDeck, penumpang duduk di kursi yang terikat secara aman dan nyaman, juga mewah. Kursi itu akan terangkat ke atas badan pesawat. Sudah ada kanopi berbentuk gelembung yang melindungi dua penumpang yang duduk manis di kursi.

Tombol kendali yang bisa memutar kursi ke segala arah juga sudah disiapkan sehingga penumpang dapat menikmati panorama langit dari berbagai sudut. Dalam penjelasan di situsnya, Windspeed Technologies menyatakan kanopi tersebut terbuat dari bahan berkekuatan tinggi yang dipakai untuk membuat kanopi jet tempur supersonik.

“Kami juga sudah menemukan cara untuk mencegah kondensasi, situasi ketika ruangan yang berada di dalam udara yang sangat lembap bisa memunculkan embun. Jadi, tidak akan ada kabut yang menghalangi pemandangan dari dalam kanopi,” demikian pernyataan Winspeed Technologies.

Biaya untuk membuat kanopi sekitar US$8 juta (Rp109,6 miliar) sampai dengan US$25 juta (Rp352,6 miliar), tergantung jenis pesawat yang akan dipasangi fasilitas ala jet tempur Star Wars tersebut.

SkyDeck Viewing Dome.
Interior SkyDeck Viewing Dome dilengkapi layar yang menunjukkan posisi pesawat secara realtime.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.