Pan Am Airlines, Punahnya Simbol dan Sejarah Amerika

Pan Am Airlines, Punahnya Simbol dan Sejarah Amerika
Pan Am Airlines, Punahnya Simbol dan Sejarah Amerika

Sekarang hanya tinggal kenangan, Pan American (Pan Am) Airways pernah terbang begitu tinggi bahwa bahkan bulan tampak dalam genggamannya. Memiliki teknologi canggih, tenaga kerja terampil dan jangkauan global yang membuat iri pesaingnya.

Tetapi sejarah kemudian menyerat Pan Am berubah menjadi sayap dalam perang Amerika selama Perang Dunia II. Selama perang, perusahaan mengirim pilot dan pesawat mereka ke pertarungan berisiko tinggi.

Pan Am mengangkut presiden, membawa persediaan untuk pasukan China dan uranium untuk bom atom. Namun di balik persona populer Amerika Serikat ‘bendera maskapai penerbangan, ada seorang eksekutif perusahaan siap untuk membantu pertahanan bangsa.

Selama 75 tahun, pesawat biru, silver dan putih terang dari Pan Am adalah simbol Amerika setara dengan Coca-Cola dan Cadillac. Pesawatnya dan awak pesawat melambangkan glamor perjalanan internasional. Kantor pusat perusahaan di dalam gedung pencakar langit Manhattan yang menjadi simbol modernitas dan kekuatan Amerika pada era 1960-an. Pan Am adalah yang pertama menerbangkan pesawat jet komersial 707 dan 747. Pan Am bahkan muncul di tahun 1968 Film 2001: A Space Odyssey sebagai pembawa spaceflight komersial fiksi.

Hari-hari awal penerbangan komersial lebih dekat ke Silicon Valley dari Detroit atau Hollywood. Pengusaha muda yang berani melompat ke bisnis baru dengan membangun kerajaan terebut. Dia adalah Juan Trippe. Pada tahun 1927, ia mendirikan Pan Am dengan hanya segelintir pilot dan pesawat. Bisnis menggelegar di akhir 1920-an dan awal 1930-an, meskipun situasi kala itu depresi. Perusahaan mengangkut penumpang dari Florida ke tujuan Karibia dan Amerika Latin.

NEXT: AIR FORCE ONE PERTAMA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.