Rusia Kembangkan Pesawat Tanker Udara Jumbo

Rusia mengembangkan pesawat tanker udara  Il-96-400TZ yang juga akan mampu mengangkut kargo dan penumpang.

Wakil Kepala Designer Ilyushin Olga Kruglyakova mengatakan dalam sebuah wawancara dengan United Aircraft Corporation jurnal Horizon pengembangan pesawat ini dilakukan atas perintah langsung Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Presiden Putin memerintahkan kita untuk melanjutkan pekerjaan kami pada tanker pengisian bahan bakar udara berdasarkan pada Ilyushin Il-96 jumbo,” kata Kruglyakova.

Dia menambahkan bahwa militer juga ingin pesawat untuk dapat membawa  kargo dan penumpang. Pada 2015 produsen pesawat berbasis Voronezh VASO diperintahkan untuk membangun dua tanker udara  untuk Pasukan Aerospace Rusia.

Pesawat  pertama sudah mengalami uji coba awal. “Tes penerbangan awal kami  dengan pesawat tempur menunjukkan bahwa Il-96-400TZ sepenuhnya kompatibel dengan pesawat kecil. Hanya bagaimana kompatibel pula dengan yang lebih besar kita akan melihat selama pengujian negara, “kata Kepala  Designer Ilyushin ini Nikolai Talikov.

Pesawat tes kedua akan dibangun pada 2018. Kedua pesawat akan dapat mengangkut sampai 65 ton bahan bakar dalam rentang 3.500 kilometer.

Il-96-400TZ akan dilengkapi dengan sistem pengisian bahan bakar udara Zvezda UPAZ-1, yang sebelumnya telah terbukti di tanker Il-78 yang diterbangkan  Angkatan Udara Rusia.

Jika tanker terbang dibangun di Voronezh lulus tes, perusahaan akan diberikan perintah untuk memproduksi  30 pesawat. Il-96 juga akan digunakan sebagai platform  pusat komando udara  Dinas Keamanan Federal dan Departemen Pertahanan