Buktikan Pesawat China Tangguh, Suami Istri Ini Terbang Keliling Dunia

Sepasang suami istri dari China memulai perjalanan mereka berkeliling dunia dengan sebuah pesawat. Mereka memulai perjalanan ke Amerika Utara melalui Rusia Timur Jauh pada 29 Januari 2017 lalu.

Sebagaimana dilaporkan Sputnik China Minggu 5 Februari 2017  Zhang Xinyu dan istrinya Liang Hong berangkat untuk menempuh perjalanan  80.000 kilometer  keliling dunia. Rencananya pasangan ini akan mengunjungi lima benua, termasuk Antartika. Perjalanan ini sendiri akan selesai pada Juni 2017.

Mereka terbang dengan pesawat utilitas mesin ganda  Y-12 yang  dibangun oleh China Harbin Aircraft Industry Group. Pesawat ini  memiliki jangkauan sekitar 1.300 kilometer. Tim mereka terdiri dari delapan orang, termasuk seorang juru, koresponden dan fotografer.

Dalam sebuah wawancara dengan Sputnik China, pasangan itu mengatakan bahwa mereka mulai dari Bandara Internasional Harbin dan pertama kali mendarat di Timur Jauh Rusia. Harbin adalah ibukota provinsi utara China.

“Penerbangan itu berlangsung 5 jam dan 16 menit, kami mendarat di Pulau Sakhalin dan setelah itu, kami pergi ke Semenanjung Kamchatka,” kata mereka.

Menurut Zhang Xinyu, salah satu tujuan dari perjalanan adalah  menggunakan pesawat terbang buatan negeri mereka  untuk mencapai perjalanan round-the-dunia.

“Tujuan lain adalah untuk membuat film Journey kami, yang akan menunjukkan orang-orang di seluruh dunia hidup dalam kondisi ekstrim. Selama penerbangan, pesawat kami akan menyeberangi khatulistiwa dua kali, terbang di atas tiga lautan dan kemudian kembali ke China dengan total menempug  80.000 km, “kata Zhang.