Manusia Terakhir yang Menginjak Bulan Meninggal Dunia

Eugene Cernan, orang terakhir yang meninggalkan jejak di bulan  meninggal dunia. NASA mengumumkan melalui akun Twitter-nya Cernan meninggal pada Senin 16 Januari 2017 di usia 82 tahun. Dia  terbang tiga kali dalam ruang dengan dua kali ke bulan.

NASA menyebutkan dia adalah orang Amerika kedua yang  berjalan-jalan di ruang angkasa dan manusia terakhir yang menginjakkan kaki di bulan.Cernan adalah komandan Misi Apollo 17, yang berlangsung Desember 1972 yang juga  salah satu penerbangan Apollo terakhir dan yang terakhir untuk pergi ke bulan.

Ia menjadi orang ke-11 yang menjejakkan kaki di  permukaan bulan bersama  Jack Schmitt yang menjadi orang yang ke-12. Tetapi  Cernan adalah orang terakhir yang naik kapal yang  membawa mereka pulang, dan jejak itu menjadi yang terakhir dari kaki manusia di bulan.

Meskipun ia bukan yang pertama untuk mencapai bulan, Cernan memiliki peran penting dalam pendaratan manusia di bukan. Pada bulan Mei 1969, ia adalah pilot modul lunar dari misi Apollo 10, yang mengorbit bulan dan menguji pendaratan bulan tanpa benar-benar mendarat.

Dalam sebuah wawancara dengan NASA pada tahun 2007, Cernan mengatakan, “Saya selalu mengatakan kepada Neil Armstrong bahwa kita telah membuat cat garis putih di langit yang menunjukkan  jalan ke Bulan di  47.000 kaki sehingga ia tidak akan tersesat. ”

Eugene Cernan saat di Bulan /NASA

Dalam perjalannya ke bulan  Cernan  dan Schmitt tinggal selama tiga hari, menjelajahi kawah dan pegunungan Taurus-Littrow. Saat dia meninggalkan bulan  Cernan mengatakan, “Seperti yang kita meninggalkan bulan dan Taurus-Littrow, kami meninggalkan karena kami datang, dan jika Tuhan mengizinkan  kami akan kembali, dengan perdamaian dan harapan bagi seluruh umat manusia . ”

Dia juga mengatakan ia telah menulis  huruf ‘TDC’ yang dipersembahkan  – untuk putrinya yang berusia sembilan tahun, Teresa Dawn Cernan  di permukaan bulan.

“Selama tiga  hari, saya tidak berpikir ada sesuatu yang menjadi rutinitas,” cerita Cernan tentang waktunya di bulan dalam sebuah wawancara NASA.

“Tapi jika aku harus fokus pada satu hal  itu hanya untuk melihat kembali keindahan luar biasa  dari bumi ini.” Secara total, Cernan menghabiskan lebih dari 566 jam di ruang angkasa, 73 di antaranya di bulan.

Eugene Cernan di Apolo 17

Cernan lahir di Chicago dan sebagai pilot  Angkatan Laut sebelum dipilih oleh NASA untuk bergabung dengan kelas astronot. Setelah pensiun dari NASA pada tahun 1976, ia bekerja di sebuah perusahaan energi Texas, membangun sebuah perusahaan konsultan kedirgantaraan dan akhirnya mengetuai sebuah perusahaan rekayasa yang bekerja pada proyek-proyek NASA.

Dia selalu tetap terhubung dengan eksplorasi ruang angkasa, tampil sebagai presenter televisi selama peluncuran ruang angkasa dan memberi kesaksian Kongres pada program ruang angkasa NASA.

 

“Bahkan pada usia 82, Gene tetap bergairah  untuk melihat eksplorasi manusia di ruang angkasa dan mendorong para pemimpin bangsa kita dan orang-orang muda untuk tidak membiarkan dirinya  tetap menjadi orang terakhir yang berjalan di Bulan,” kata keluarganya di pernyataan di kematiannya.