Rusia akan Uji Pesawat Unik SR-10 Selama Tiga Tahun

Youtube

Kementerian Pertahanan Rusia berencana untuk menguji pesawat latih aerobatic dengan sayap menyapu ke depan SR-10 dalam waktu tiga tahun ke depan.

Awal bulan Oktober, biro desain swasta Modern Aviation Technologies (KB SAT) mengatakan bahwa pesawat jet latih SR-10 pertama untuk kebutuhan Departemen Pertahanan akan diproduksi pada akhir 2017.

Menurut produsen, sekitar 20 jet pelatih akan diserahkan ke pengujian negara pada tahun 2020. Produsen mesin pesawat Saturnus Rusia mengusulkan untuk menggunakan mesin AL-55 turbofan di pesawat baru tersebut.

“Pesawat ini dan mesin sebagai komponen yang termasuk dalam rencana untuk tiga tahun ke depan,” kata , Deputi Menteri Pertahanan Yuri Borisov, sebagaimana dikutip Sputnik Kamis 20 Oktober 2016.

Borisov kepada wartawan menambahkan bahwa kementerian akan memberlakukan persyaratan yang sangat ketat terhadap penerimaan pesawat ke dalam layanan karena kehidupan pilot akan sangat tergantung pada kehandalan.

SR-10 adalah pesawat subsonik, mesin tunggal dengan semua bahan komposit. Pesawat dua kursi ini dibangun untuk latih dan aerobatic  dengan skema sayap menyapu ke depan. Pesawat dilaporkan memiliki berat lepas landas maksimum sekitar tiga metrik ton dan kecepatan mencapai maksimum hampir 500 mil per jam.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penerbangan Rusia, biro desain pribadi telah menciptakan sebuah pesawat yang bisa mengungguli rekan-rekan mereka yang dirancang negara. Pesawat latih ringan SR-10 diperkirakan akan masuk ke produksi pada tahun 2017.
Pesawat jet latih dua kursi SR-10 memunculkan sensasi ketika pertama kali turun ke langit Rusia pada akhir Desember 2015. Untuk pertama kalinya dalam penerbangan Rusia, biro desain pribadi telah menciptakan sebuah pesawat tanpa dukungan keuangan dukungan public sebagaimana industri penerbangan yang lain.
Pesawat latih SR-10, sepenuhnya dirakit dari komponen dalam negeri Rusia, diusulkan untuk menjadi pelatih menengah antara Yak-152, yang dirancang untuk pelatihan penerbangan dasar pilot militer, dan pesawat latih / serangan Yak-130. Kelas ini sekarang ditempati oleh L-39 Cheko