Mengejutkan, Sosok Kunci Pengembangan Jet Tempur China Dipecat

J-20

Kabar mengejutkan datang dari dunia penerbangan, khususnya militer, China. Yang Wei, sosok kunci dalam pengembangan dan pembangunan jet tempur China sekaligus desainer utama pesawat generasi kelima J-20 dipecat dari jabatannya.

Kabar santer beredar di forum militer China. Tidak jelas kenapa sosok ini justru dipecat dan sekarang berada di posisi apa.

Yang adalah kepala desainer pesawat termuda dipecat dari posisinya sebagai Wakil Direktur Eksekutif penelitian China Aviation Industry Corporation Chengdu Aircraft Design Institute. Setelah ia dipromosikan ke chief engineer wakil China Aviation Industry Group, memimpin karya desain tempur J-20.

Sebagaimana dilaporkan military.dwnews.com, keputusan ini mendapat tanggapan negatif para pengguna internet karena sosok Yang dinilai menjadi sangat penting dalam pengembangan jet tempur China.

Yang Wei
Yang Wei

Yang memimpin sistem kontrol penerbangan untuk menentukan program secara keseluruhan.

Pada tahun 1998, Yang diangkat Wakil Direktur Chengdu Aircraft Design Institute, Wakil Kepala desainer, ia menjabat sebagai kepala arsitek dari sistem kontrol penerbangan.

Yang adalah bahwa ia lahir pada tahun 1963, dan terdaftar di Universitas Politeknik Northwestern pada tahun 1978 pada usia 15. Ia menyelesaikan dua gelar dan menjadi seorang insinyur sistem kontrol di Chengdu.

Dalam profil 2011, di jurnal Science and Technology Daily,  Yang digambarkan sebagai otak di balik inovasi di fly-by-wire kontrol elektronik di China pada 1980. Jurnal menyebut dia dengan menerapkan “semua simulasi digital ” untuk pesawat tes, “melanggar blokade teknologi asing.”

Mungkin ini dibesar-besarkan, tapi tidak ada keraguan Yang sangat berpengaruh. Pada usia 35, ia bangkit untuk memimpin Chengdu dan bekerja di J-10, salah satu jenis pesawat perang China yang paling banyak. J-10 adalah pesawat yang sulit untuk dibangun dan dilanda oleh berbagai kelemahan dalam desain, termasuk kegagalan penting dalam sistem bahan bakar pada akhir tahun 1990-an. Tapi solusi Yang kemudian bekerja dengan cara baik di JF-17; sebuah praktek yang menurut jurnal itu dikenal sebagai “pembangunan paralel”,.

Dengan kata lain, apa yang Yang tampaknya telah membangun filosofi alternatif untuk desain tempur Barat – diilustrasikan jika barat membangun pesawat siluman dengan mahal dan rawan masalah seperti F-35 Joint Strike Fighter. China sekarang membangun jet tempur murah, cepat dan sederhana. Tentu ini tidak berarti mengatakan jet buatan Yang sempurna atau bahkan membawa fundamental baru.

Dia juga mengepalai pengembangan JF-17 Thunder yang merupakan perbaikan modern dan evolusi dari MiG awal yang dikembangkan oleh Uni Soviet setengah abad yang lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.