Airlander Masih Kalah Besar dengan Si Legendaris Hindenburg

Airlander Masih Kalah Besar dengan Si Legendaris Hindenburg

Memiliki panjang 92 meter, Airlander bakal menjadi pesawat terbesar sejagat. Bahkan Airbus A380 dan Antonov An-225 sama sekali bukan tandingan untuk soal ukuran.

Namun dibandingkan dengan pesawat udara bersejarah zeppelin yang dikembangkan Jerman selama dekade 1930, Airlander bakal tampak kerdil. Terlebih dengan Hindenburg yang sangat terkenal karena bencana yang ditimbulkannya.

Airland adalah pesawat hibrid gabungan antara pesawat udara dan pesawat balon udara. Sebanyak 60% daya angkat di udara berasal dari gas helium di kompartemennya, sementara 40% berasal dari sayap-sayap aerodinamisnya.

Pesawat ini bisa tetap berada di langit selama dua pekan dalam satu waktu, menjelajah dengan kecepatan 150 km/jam dan bisa mencapai ketinggian hingga 6 km mengangkut kargo seberat 10 ton.

Daya dorong Airlander berasal dari empat mesin diesel v8 empat liter berdaya 350 hp, dua dipasang di depan dan dua di belakang.

Dengan panjang 92 meter, lebar 43 meter dan tinggi 25 meter, pesawat ini akan dipenuhi dengan gas helium sebanyak 45.306 meter kubik melambungkannya ke angkasa. Tentu saja ini akan menjadi pesawat penumpang terbesar sejagat. Sebab Airbus A380 misalnya, hanya memiliki panjang 73 meter dan Antonov An-225 yang menjadi pesawat terbesar saat ini, hanya memiliki panjang 84 meter.

Kendati demikian, pesawat gas Zeppelin bikinan Jerman, Hindenburg, yang jatuh di New Jersey pada 1937 menewaskan 35 orang, memiliki panjang hampir tiga kali panjang Airlander 10. Wow!

Tempat merakit Airlander saat ini juga dilakukan di hanggar Cardington yang berusia lebih dari satu abad. Cardington merupakah hangar bersejarah bagi Royal Airship Works, yang dibangun pada 1919 untuk mengembangkan pesawat balon udara R101. Namun di hangar itu, proyek R101 yang dikembangkan demi tujuan merusak dominasi industri penerbangan Jerman itu, justru gagal total.

Pesawat balon udara R101 dibangun oleh Inggris untuk menyaingi program Zeppelin Jerman namun gagal.
Pesawat balon udara R101 dibangun oleh Inggris untuk menyaingi program Zeppelin Jerman namun gagal.
Berikut perbandingan Airlander dan maha karya Jerman, Hindenburg:

Airlander Masih Kalah Besar dengan Si Legendaris HindenburgAIRLANDER 10
Panjang : 92 meter
Volume gas : 45.306 meter kubik
Tipe gas : helium (non flammable)
Kecepatan jelajah : 150 km/jam
Ketinggian jelajah : Lebih dari 6 km
Penumpang : Lebih dari 48

 

 pesawat gas Zeppelin bikinan Jerman, Hindenburg, yang jatuh di New Jersey pada 1937 menewaskan 35 orang, memiliki panjang tiga kali dibanding Airlander.
Pesawat balon udara Zeppelin bikinan Jerman, Hindenburg, yang jatuh di New Jersey pada 1937, masih menjadi pesawat balon udara terbesar sepanjang masa.

HINDENBURG
Panjang : 245 meter
Volume gas : 198.217 meter kubik
Tipe gas : hidrogen (flammable)
Kecepatan jelajah : 122 km/jam
Ketinggian jelajah : 650 meter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.