Impian Anda Jadi Pilot, Simak Persyaratannya Berikut Ini

Impian Anda menjadi pilot ? Pilot memang sudah menjadi salah satu karier yang menjanjikan kendati untuk mencapainya harus penuh perjuangan. Masuk sekolah penerbangan pun butuh upaya yang tidak mudah. Segala persyaratan tertentu harus dipenuhi agar diterima di sekolah pilot pilihan.

Seorang pilot membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperoleh pengalaman dan jam terbang cukup agar bisa mengoperasikan pesawat terbang komersial dari maskapai penerbangan terkemuka. Selain mendapatkan penghasilan cukup besar, akan menjadi kebanggaan tersendiri bila pilot bekerja di maskapai tersebut.

Kenapa menjadi pilot bukan hal yang mudah ?

Sebab, pilot mengemban tanggung jawab besar karena ia membawa penumpang atau barang dalam pesawat terbang yang ia operasikan. Membutuhkan keterampilan tinggi untuk menerbangkan sebuah pesawat terbang.

Durasi waktu kerja seorang pilot bisa berlangsung cukup lama tergantung pada lokasi tujuan namun maskapai penerbangan biasanya menyediakan akomodasi bagi para pilot mereka. Para pilot harus tahu apa yang harus dilakukan saat ada situasi membahayakan.

Pilot harus memiliki wawasan luas dari berbagai bidang studi. Simak sejumlah hal yang perlu diketahui oleh seorang pilot menurut situs aviasi28.com seperti ditulis anwarfahmi93 di astaga.com, beberapa waktu lalu.

1. Menguasai Teori Penerbangan

Berbagai teori dasar fisika akan mendukung aktivitas pilot selama penerbangan. Konsep-konsep fisika seperti hukum gerak, inersia, massa, tekanan, suhu, dan lain-lain harus dipahami pilot. Selain itu prinsip aerodinamika, hydroplaning, kinerja dan sistem operasi pesawat juga perlu diketahui pilot.

 

2. Menguasai Sistem Pesawat

Dengan memahami konsep-konsep fisika maka pilot akan mengetahui kinerja mesin pesawat. Pilot juga harus mengetahui tentang perawatan pesawat sehingga tahu apa yang harus dilakukan bila mengalami kendala selama mengoperasikan pesawat. Ini yang wajib dikuasai setelah lulus sekolah penerbangan.

 

3. Paham Navigasi

Seorang pilot harus mengerti menggunakan grafik dan peta. Pemahaman grafik sangat penting agar pilot mengetahui keadaan cuaca yang dihadapi selama penerbangan. Ini sudah seharusnya diketahui para pilot untuk menghindari kecelakaan. Pada saat menempuh sekolah penerbangan, para calon pilot pun akan diajarkan tentang hal ini. Lalu kenapa hal ini wajib diketahui dimana saat ini pesawat terbang memiliki peralatan canggih ?

Jawabannya bisa juga berupa pertanyaan. Bagaimana jika segala instrumen dan peralatan pada pesawat terbang tersebut gagal berfungsi normal ? Oleh karena itu, para pilot wajib paham tentang navigasi.

4. Memiliki Pengetahuan Meteorologi

Ilmu Fisika memang tidak terpisahkan dari dunia penerbangan. Pilot harus memiliki kemampuan menafsirkan cuaca dan melakukan validasi cuaca. Ia juga mampu membuat analisis akurat tentang perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan.

 

5. Mengetahui Peraturan dan Lalu Lintas Udara

Seorang pilot harus patuh dengan segala peraturan penerbangan. Jumlah peraturan tersebut bisa mencapai ratusan dan para pilot harus mampu membaca dan memahami semua peraturan tersebut. Federal Aviation Administration (FAA) membuat sebagian besar peraturan tersebut, tapi pilot juga harus mematuhi berbagai peraturan dari badan pemerintah di mana mereka beroperasi.

 

6. Pilot Juga Memiliki Wawasan Fisiologi

Pilot setidaknya dapat mengenali masalah fisik yang dapat mempengaruhi dirinya atau seluruh penumpang. Seorang pilot tidak harus lulusan kedokteran tapi tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi kejadian yang dapat mempengaruhi keselamatan penumpang dan penerbangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu bahwa seorang pilot harus menguasai segala hal yang berkaitan dengan penerbangan. Anda mulai berpikir itu sulit ? Relatif. Bila Anda benar-benar ingin menjadi pilot tentu tidak akan mudah menyerah dan akan terus mengejar impian Anda.

Adaun berikut ini sejumlah syarat Masuk Sekolah Penerbangan di Indonesia

Bila telah yakin untuk menjadi pilot maka langkah pertama Anda adalah belajar di sekolah penerbangan.

Sekarang Anda perlu mencari tahu apakah Anda menjadi pilot hanya untuk bersenang-senang, menjadi pilot pesawat pribadi atau untuk mencari nafkah, menjadi pilot pesawat komersial. Kedua-duanya tetap membutuhkan lisensi untuk terbang. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum masuk sekolah pilot.

• Penglihatank

Penglihatan merupakan hal penting dalam penerbangan. Penglihatan harus baik dan tidak buta warna. Seorang pilot mempunyai tanggung jawab besar akan keselamatan penumpang. Bila penglihatan Anda kurang baik maka bisa membahayakan karena selama di udara kita tidak akan tahu rintangan apa yang akan dihadapi. Salah satu rintangan tersebut bisa berupa cuaca buruk. Oleh karena itu Anda harus memiliki penglihatan baik dalam menerbangkan pesawat terbang.

• Tinggi Badan

Seorang pilot harus mampu menjangkau segala instrumen di kokpit pesawat terbang. Oleh karena itu, tinggi badan menjadi faktor penting. Di Indonesia, seseorang yang ingin masuk sekolah pilot harus memenuhi syarat tinggi badan minimal. 170 cm untuk laki-laki dan 165 cm untuk perempuan.

• Pendidikan Formal

Di Indonesia, seseorang harus lulus SMU atau setingkat (SMK, MTS) jika ingin menjadi pilot. Khusus untuk pilot pesawat militer maka ia harus lulus SMU jurusan IPA. Seorang pilot harus cepat berkalkulasi dalam menghadapi segala situasi yang muncul.

Itulah beberapa syarat penting yang harus diketahui sebelum masuk sekolah pilot. Mungkin seseorang berpikir untuk menjadi pilot handal harus belajar di luar negeri dari dasar-dasarnya hingga pelatihan teknis.

 

2 COMMENTS

  1. Smk jurusan apa ajh bang yg boleh ?
    Btw saya smk jurusan Tehnik Komputer & Jaringan…
    Apa boleh masuk sekolah pilot ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.