Garuda Tangani Kargo Barang Berbahaya & Berharga dari PT Pos

    Garuda Tangani Kargo Barang Berbahaya & Berharga PT Pos

    PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk pengangkutan kiriman kargo khusus dengan katagori “Dangerous Goods” dan “Valuable Goods” dengan pemberian harga khusus untuk rute domestik dan internasional.

    Special handling bagi kargo khusus sendiri merupakan layanan yang sangat dibutuhkan. Tidak semua supply chain bisa, hanya yang punya izin khusus salah satunya Garuda,” kata Direktur Kargo PT Garuda Indonesia (persero) Tbk Sigit Muhartonodi Rabu (25/5/2016).

    Melalui kerjasama ini, Garuda Indonesia menjadi maskapai resmi PT Pos Indonesia untuk mengangkutan kiriman kargo khusus (special cargo).

    Dalam menangani kargo khusus, Garuda Indonesia memiliki prosedur penanganan khusus yang mengacu pada izin, syarat dan standar yang ditentukan International Air Transport Association (IATA), International Civil Aviation Organization (ICAO), Kemenhub RI dan peraturan internal perusahaan.

    Adapun kargo khusus terbagi menjadi dua valuable goods atau barang berharga dan dangerous goods atau barang berbahaya. Contoh barang berharga a.l. intan, emas, berlian, cek dan lain sebagainya. Sementara itu, kargo berbahaya a.l. alkohol, parfum, baterai, amunisi, dan zat kimia lainnya.

    Kargo khusus PT Pos Indonesia nantinya akan dibubuhi logo Garuda Indonesia di setiap gerai pos perusahaan.

    Direktur Surat dan Paket PT Pos Indonesia Agus F. Handoyo mengungkapkan layanan kargo khusus ini akan tersedia di lima kota di Indonesia sebagai tahap awal. Lima kota tersebut a.l. Jakarta, Solo Jogja, Surabaya dan Denpasar. “Saya menargetkan 30 kota hingga akhir tahun. Lima kota untuk tahap awal, ditambah lima kota lagi dan seterusnya,” ujarnya.

    Dia menambahkan PT Pos Indonesia menargetkan 50 transaksi kargo khusus dari lima kota dalam satu bulan pertama. Namun, perusahaan berharap grafiknya transaksi kargo khusus akan meningkat.

    Tahap awal, PT Pos Indonesia hanya akan fokus kepada tiga jenis kargo khusus a.l. amunisi, binatang dan bahan kimia.

    Dia mengatakan kerja sama ini meliputi pembelajaran atau pelatihan bagi SDM PT Pos Indonesia yang diberikan oleh PT Garuda Indonesia dalam menangani kargo khusus. Acara penandatanganan dilakukan Sigit Muhartono bersama Direktur Surat dan Paket Pos Indonesia, Agus Handoyo di kantor Pos Indonesia Jakarta. (Sumber: bisnis.com, foto:inilahfoto.com)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.