Mirip Kasus Lion, Delta Airlines Pun Pernah Salah Terminal di Bandara JFK

Mirip Lion, Delta Airlines Pun Pernah Salah Terminal di JFK

Bagi Lion Air, peristiwa salah menurunkan penumpang internasional ke terminal domestik bisa jadi yang pertama. Namun di dunia penerbangan internasional, peristiwa serupa pernah terjadi bahkan di negeri yang terkenal ketat dalam hal pemeriksaan keimigrasian, Amerika Serikat.

Kesalahan penurunan penumpang penerbangan internasional bahkan ditemukan di Bandara John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat dua tahun silam.

Pada Februari 2014, para penumpang maskapai Delta Air Lines untuk penerbangan Heathrow London-New York ternyata tiba di Bandara John F. Kennedy tanpa melalui pemeriksaan imigrasi maupun pabean karena diarahkan ke terminal yang salah. Padahal bandara tersibuk di AS ini terkenal dengan petugas imigrasinya yang kerap berperilaku tak menyenangkan saat memeriksa penumpang penerbangan internasional.

“Kami terus berjalan melintasi gerai-gerai perbelanjaan, toko bebas pajak, dan restoran, hingga akhirnya merasa ada yang aneh,” ujar salah satu penumpang, Rostron, pria asal Bolton yang tinggal di New York, seperti dikutip Dailymail pada 25 Februari 2014 silam.

Bahkan saat para penumpang itu berjalan hendak keluar dari terminal, para petugas saat itu sama sekali tak ada yang menyadari. “Saya bisa saja meninggalkan bandara dan terus melaju, tidak ada pertanyaan dari petugas. Saya hampir keluar dari pintu depan bandara, tapi menyadari bahwa saya belum mengambil barang bawaan saya,” katanya.

“Jika Anda saat itu tak membawa bagasi, Anda bisa saja meninggalkan bandara masuk ke taksi dan pergi begitu saja. Mereka tidak tahu.”

Satu-satunya tempat yang kemudian dituju penumpang yang kesasar terminal itu kemudian adalah bagasi domestik. “Jadi kami pergi ke counter bagasi dan kami menjelaskan apa yang terjadi kepada petugas. Petugas di situ balik bertanya,”Kenapa kau bisa ada di sini? ”

Akhirnya pejabat yang berwenang mengantar penumpang kesasar itu kembali ke imigrasi hall dan pejabat utama keamanan langsung memerintahkan memanggil nama-nama penumpang. Seluruh pelayanan penumpang, sejak dari gerbang hingga meninggalkan bandara, memakan sekitar lebih dari satu jam.

Juru Bicara Delta Airlines kepada CBS News saat itu mengakui ada sejumlah penumpang Delta penerbangan 3 dari London ke JFK yang mampu melewati screening. Mereka mengatakan: ‘Delta bekerja sama dengan Otoritas Bandara serta Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan dan langsung mengurusnya. Keamanan penumpang sangat penting dan Delta berusaha untuk mengikuti prosedur yang tepat. “

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.