Angkatan Udara Pakistan Kehilangan Sebuah Jet Tempur Mirage

Angkatan Udara Pakistan kehilangan sebuah jet tempur Mirage setelah sebuah pesawat yang dibangun Dassault Prancis tersebut jatuh dekat Shorkot selama misi pelatihan rutin Jumat 7 Februari 2020/

Markas Besar Udara telah membentuk komite untuk menyelidiki penyebab di balik kecelakaan itu, situs web berita Pakistan Arynews melaporkan.

Menurut laporan, tidak ada korban atau kerusakan di darat akibat kecelakaan itu. Pilot berhasil keluar dari pesawat namun mengalami cedera.

Sebelumnya pada bulan Januari, dua pilot angkatan udara Pakistan tewas dalam kecelakaan pesawat PAF FT-7 selama penerbangan pelatihan di distrik Mianwali, tempat M.M. Alam airbase terletak.

Sementara itu 19 orang tewas dan 16 lainnya cedera pada Juli 2019 dalam kecelakaan pesawat Angkatan Darat Pakistan di Rawalpindi di provinsi Punjab Pakistan. Kecelakaan itu dilaporkan menyebabkan kebakaran besar yang melanda beberapa rumah di dekatnya.

Angkatan Udara Pakistan telah mengoperasikan jet tempur Mirage selama lima dekade terakhir. Meskipun pengenalan JF-17, pasukan telah menunda pensiun Mirage karena tidak adanya alternatif yang lebih baik.

Selama lima dekade terakhir, Pakistan telah mengakuisisi hampir 150 jet tempur Mirage III / V.  Mereka juga sebelumnya juga membeli Mirage-III yang telah dipensiun dari Australia.