Menegangkan, Raksasa Condor Terombang-Ambing Crosswind Saat Mendarat

AN-124 Condor adalah mesin terbang raksasa milik Ukraina.  Sebuah pesawat yang analog dengan C-5 Galaxy Amerika. Condor bisa memiliki berat hampir 900.000 pound ketika terisi penuh. Tetapi pesawat sebesar dan seberat itu tidak kebal dengan hukum alam. Pesawat ini masih bisa terombang ambing oleh angin.

Di rekaman ini bisa Anda lihat bagaimana pesawat milik Antonov Airlines itu harus berjuang keras melawan crosswind yang kuat saat mendarat. Pesawat harus menggunakan strategi dengan membuat pendaratan miring sebelum kemudian bisa sejajar kembali dengan landasan.

Desainer Boeing yang melahirkan B-52 datang dengan unik untuk mengatasi masalah ini. Mereka membuat B-52 ini dengan gear swivel sehingga mereka bisa tetap mensejajarkan dengan landasan pacu ketika dihantam angin samping yang keras.

Tetapi jet besar di dunia era lama , seperti An-124 dan sebelumnya harus meluruskan pesawat ketika sudah ada di darat. Ini adalah cara lama yang sebenarnya sangat berisiko karena menempatkan beban tegangan lateral besar pada roda pendaratan mereka. Manuver ini sebenarnya sangat umum tetapi tetap saja berbahaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.