Singapore Airlines akan Rekrutmen Besar-Besaran Awak Kabin

Singapore Airlines (SIA) akan merekrut tambahan cabin crew atau awak kabin untuk mendukung rencana pertumbuhan setelah sempat mengalami perlambatan bisnis. Maskapai ternama ini harus menggantikan kru yang keluar dalam dua sampai tiga tahun terakhir, sehingga rekrutmen akan cukup banyak.

The Straits Times dalam laporannya Senin (29/02/2016) menyebutkan SIA biasanya mempekerjakan sekitar 800 sampai 1.000 anggota awak kabin setahun. Untuk tahun ini jumlahnya diperkirakan akan meningkat tajam.

Secara terpisah, maskapai ini juga telah mencapai kesepakatan dengan serikat awak kabin untuk memperpanjang masa konrak berdasarkan prestasi. Perpanjangan maksimum tiga tahun untuk semua jajaran awak kabin.

Awak kabin yang dipekerjakan dengan kontrak lima tahun dan berdasarkan kinerja mereka dapat memilih untuk sejumlah set ekstensi.
Juru bicara SIA Nicholas Ionides mengatakan perekrutan awak kabin didasarkan pada kebutuhan operasional, termasuk pertumbuhan serta untuk menggantikan mereka yang keluar.

Tahun ini, maskapai ini akan memperluas jangkauannya dengan layanan ke tujuan baru termasuk Dusseldorf di Jerman dan Canberra di Australia.
Ini adalah ekspansi yang paling signifikan SIA dalam sekitar lima tahun terakhir. Selain itu maskapai ini akan segera menyambut kedatangan Airbus 350 pertama minggu ini dari 67 jumlah yang dipesan.

Pembelian meliputi lima pesawat ultra jarak jauh yang akan digunakan dalam penerbangan non-stop ke Amerika Serikat pada 2018. Membuka lagi penerbangan ke Los Angeles dan New York yang dihentikan pada 2013 karena tingginya harga bahan bakar dan melemahnya permintaan.

Dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan dalam kelompok SIA telah didorong oleh maskapai regional SilkAir dan penerbangan jarak jauh Scoot.
Antara Oktober dan Desember tahun lalu, total kapasitas SIA – jumlah kursi yang ditawarkan dikalikan dengan jarak terbang – turun 1,2 persen dibandingkan dengan tiga bulan yang sama di tahun sebelumnya. Sebaliknya, kapasitas SilkAir tumbuh sebesar 9,5 persen dan Scoot 34 persen.

Alan Tan, presiden dari Staf Union Singapore Airlines perekrutan kru adalah perkembangan positif. “Perpanjangan terbang tahun ini juga kabar baik bagi awak kabin dan bergerak ke arah yang benar,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.