Serangan Kutu Selama Penerbangan Paksa British Airways Grounded Pesawat

Wabah Kutu Serang British Airways, Pesawat Digrounded

Wabah kutu ranjang menyerang pesawat British Airways membuat maskapai itu harus menarik salah satu pesawatnya dari layanan demi mengatasi masalah tersebut.

Dalam penerbangan dari AS ke Heathrow pekan lalu, salah satu staf meyakini telah melihat serangga parasit itu dan melaporkan masalah tersebut.

Wabah yang menyebabkan satu baris kursi penumpang kelas ekonomi di pesawat itu dikosongkan selama penerbangan transatlantik.

The Sun pada Jumat (26/2/2016) melaporkan, seorang penumpang digigit kutu itu saat berada di ketinggian 30.000 kaki, dan penumpang lainnya melihat telur-telur serangga di salah satu kursi penumpang.

Saat pesawat jenis Boeing 747 itu telah mendarat di London, British Airways (BA) lalu menginvestigasi kasus itu. Demi investigasi itu, pesawat tersebut ditarik jadwal penerbangan. Teknisi kemudian mengatasi wabah seranggadengan mengasapi kabin agar serangga itu mati.

Namun setelah pesawat dipakai di kemudian hari, kutu ranjang itu muncul lagi di pesawat yang sama dalam penerbangan dari Cape Town ke London.

Kepada MailOnline Travel, Juru Bicara British Airways mengatakan, “Setiap kali ada laporan adanya kutu ranjang kami terima, kami langsung menginvestigasi menyeluruh dan jika memang harus, kami akan menarik pesawat itu dari layanan dan menggunakan tim spesialis untuk mengatasinya.”

Adanya kutu ranjang menjadi masalah yang kadang-kadang harus dihadapi hotel dan maskapai penerbangan di seluruh dunia. British Airways mengoperasikan lebih dari 280.000 penerbangan setiap tahun, dan laporan kutu ranjang ini termasuk langka terjadi.

Wabah Kutu Serang British Airways, Pesawat Digrounded
Kutu ranjang tidak mempan diberantas dengan insektisida rumah tangga biasa.

Pada 2011, BA harus menggrounded dua jumbo jet mereka setelah penumpangnya mengeluh digigit kutu di tempat tidur dalam dua penerbangan jarak jauh yang berbeda. Maspakai kemudian mengasap salah satu pesawat yang dikonfirmasi telah ada kutu dan meminta maaf kepada wanita itu.

Korban serangan kutu saat itu adalah seorang pengusaha wanita, Zane Selkirk. Wanita itu mengaku tubuhnya dirayapi kutu dan kemudian digigiti saat ia dalam penerbangan sepuluh jam transatlantik dari Los Angeles ke London Heathrow pada Januari lalu.

Wanita 28 tahun itu meyakini, dia juga digigit kutu sejenis saat dalam penerbangan kedua dengan BA pada Februari selama perjalanan bisnis dari Bangalore di India menuju Heathrow, London.

BA terpaksa menggrounded dua pesawat Boeing 747-400 berkapasitas 350 kurs itu setelah wanita eksekutif muda industri komputer itu mengaku muak dengan respons buruk dari maskapai atas keluhannya. Wanita itu bahkan menulis surat terbuka di website merinci kronologi siksaan yang ia dapatkan selama penerbangan berkutu itu.

Para ahli mengatakan cekungan di kasur menjadi tempat persembunyian kutu ranjang. Di cekungan itu, kutu biasanya bertelur.
Ahli pengendali hama akan diperlukan sebab insektisida rumah tangga tidak cukup kuat untuk membunuh kutu jenis ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.