Bahaya Sinar Laser bagi Penerbangan

Pancaran sinar laser yang mengarah ke kokpit merupakan salah satu misteri penerbangan yang susah dipecahkan. Banyak pilot yang terganggu dengan sinar laser. Namun, dari mana sinar itu berasal sering menjadi misteri.

Pada 2014, di Amerika Serikat terdapat 3.894 serangan laser ke pesawat dan tahun lalu terdapat sekitar 2.750 kasus serupa. Konsultan penerbangan abcnews.go.com, pilot John Nance memaparkan beberapa bahaya sinar laser. Ini penjelasannya.

Apa yang terjadi pada pilot ketika seseorang mengarahkan laser pada kokpit?

Sinar laser sangat berbahaya. Pancaran yang sangat mendadak bisa mengganggu penglihatan pilot. Bahkan, ada sinar laser yang benar-benar membuat mata pilot tidak bisa melihat untuk sementara waktu, apalagi jika dua bola mata disinari laser.

Apa situasi terburuk yang bisa terjadi?

Situasi terburuk akibat sinar laser adalah pilot tidak bisa mendaratkan pesawat. Bahkan, jika mata pilot benar-benar tidak bisa melihat, pilot tidak akan bisa mengendalikan pesawat saat mengudara. Jadi, sinar laser memang tidak mungkin menjatuhkan pesawat. Namun, jika sinar laser diarahkan ke mata pilot di waktu yang tidak tepat, Anda bisa membunuh ratusan orang yang berada di dalam pesawat.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=iI7Qq1mYQlI[/embedyt]
Bahkan jika pesawat mendarat dengan aman, bisakan laser menyakiti pilot?

Potensi serkena salah satu laser adalah kerusakan mata permanen. Jika sinar laser terus diarahkan ke mata pilot dalam waktu yang cukup lama, retina pilot bisa rusak. Akibatnya, karier pilot bisa hancur.

Mengapa laser hijau lebih membahayakan penerbangan?

Pancaran laser hijau jauh lebih kuat daripada laser merah yang biasanya digunakan sebagai penunjuk poin-poin penting dalam presentasi. Namun, laser hijau adalah masalahyang serius.

Sinar laser yang terekam dalam penerbangan. (Foto: abcnews.go.com)
Sinar laser yang terekam dalam penerbangan. (Foto: abcnews.go.com)

Apa yang bisa dilakukan untuk melindungi pilot?

Jika saya menerbangkan pesawat dan saya melihat laser yang bersinar di sekitar kokpit, hal pertama yang alan saya lakukan adalah mencoba untuk berpaling darinya karena saya tidak ingin menerima risiko sinar laser tersebut benar-benar menerangi mata saya . Sayangnya, kita tidak memiliki cara untuk melindungi bola mata pilot dari bahaya ini karena pancarannya sangat cepat.

Mengapa begitu banyak orang menyinari pesawat terbang dengan laser?

Pertama, ada terlalu banyak laser yang dijual bebas tanpa ada peringatan. Kedua, kita [di Amerika Serikat] punya banyak orang yang sangat bodoh yang tampaknya tidak memahami bahaya menyinari pesawat terbang dengan laser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.